Santri Dinilai Punya Peranan Penting Bagi NKRI

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 09:58 WIB
loading...
Santri Dinilai Punya Peranan Penting Bagi NKRI
Sekretaris Jenderal DPP GP NasDem Mohammad Haerul Amri mengatakan santri memiliki peranan yang penting bagi NKRI. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Santri dinilai memiliki peranan yang penting bagi NKRI. Salah satunya, dalam konteks kemerdekaan bangsa Indonesia. Hal itu dikatakan Sekretaris Jenderal DPP GP NasDem Mohammad Haerul Amri saat memimpin Apel Siaga DPP GP NasDem dalam Rangka Memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2021 .

Kegiatan berlangsung di Kampus Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem, Jakarta Selatan, Jumat (22/10/2021). Pria yang akrab disapa Gus Aam ini mengatakan santri mampu mengonsolidasikan diri sebagai kekuatan anak bangsa dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI.

KH Hasyim Asy'ari menjadi tokoh penting dalam gerakan itu. "Hal itu bisa dibuktikan dengan munculnya semangat resolusi jihad yang difatwakan dan digerakkan oleh KH Hasyim Asy'ari bersama para ulama, para kiai dan santri saat menghadapi pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, Jawa Timur," kata Gus Aam.

Baca juga: Sukmawati Pindah Agama Hindu Sudah Seizin Saudara dan Keluarga, Termasuk Megawati

Dia menjelaskan Garda Pemuda (GP) NasDem bersama para santri meneguhkan komitmen untuk bersatu mengawal Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari paham-paham lain yang bertentangan. Dia menambahkan GP NasDem dan para santri berupaya merestorasi dan merekatkan kembali semangat nasionalisme.

Semangat itu mesti ditempatkan dalam nilai-nilai keagamaan sebagai ruhnya. "KH Hasyim Asy'ari menyampaikan agama dan nasionalisme adalah dua kutub yang tidak berseberangan. Nasionalisme adalah bagian dari agama dan keduanya saling menguatkan," kata Gus Aam dalam pidatonya yang merupakan amanat dari Ketua Umum DPP GP NasDem Prananda Surya Paloh.



Ketua DPP Partai NasDem Bidang Pemuda dan Olahraga itu pun mengingatkan resolusi jihad difatwakan oleh KH Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober. Oleh karena itu, setiap tahunnya Hari Santri Nasional diperingati pada tanggal 22 Oktober.

Baca: Tepat di Usia 70 Tahun Sukmawati Soekarnoputri Jalani Ritual Pindah Agama dari Islam ke Hindu

"Hingga hari ini, ulama, kiai, dan para santri merupakan komponen bangsa yang sangat konsisten menjaga dan mempertahankan keutuhan Pancasila dan NKRI," ujar Gus Aam.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2606 seconds (10.101#12.26)