Peringati Hari Santri, Menaker Ida Luncurkan 1.000 Beasiswa Pelatihan Santri

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 22:56 WIB
loading...
Peringati Hari Santri, Menaker Ida Luncurkan 1.000 Beasiswa Pelatihan Santri
Pada puncak perayaan Hari Santri 2021, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meluncurkan program beasiswa 1.000 talenta santri. Foto: Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Pada puncak perayaan Hari Santri 2021 , Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah meluncurkan program beasiswa 1.000 talenta santri. Program pelatihan kompetensi untuk para santri itu dilaksanakan dengan bekerja sama dengan Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ( PBNU ).

Menaker Ida Fauziah mengatakan, tujuan dari program ini, untuk memberi pelatihan bagi talenta muda santri di seluruh Indonesia. Dalam rangka menyambut Hari Santri 2021, ia mengajak para santri di seluruh Indonesia, untuk terus meningkatkan kompetensi dan daya saing.

Ia menambahkan, perubahan zaman yang berkembang sangat cepat dan dinamis harus disambut dengan peningkataan talenta. Apalagi, tantangan masa depan semakin kompleks akibat revolusi industri dan bonus demografi.

"Saya meluncurkan sebuah gerakan perubahan untuk para talenta santri, melalui Program 1.000 Talenta Santri, yaitu beasiswa pelatihan berbasis kompetensi untuk para santri di seluruh Indonesia," kata Ida di Jakarta, Jumat (22/10/2021).

Dengan program ini, Ida berharap, akan lahir para santri yang kreatif, inovastif, dan bisa beradaptasi dengan cepatnya perkembangan zaman.

Acara peluncuran program ini dihadiri oleh Ketua Umum PBNU Prof. Dr. KH Said Aqil Siroj, Ketua RMI KH Abdul Ghoffar Rozin, dan para kiai serta pengurus PBNU. Acara juga diikuti secara virtual oleh para kiai, para santri dan para tokoh di seluruh Indonesia.

Program pelatihan yang akan diberikan oleh Kemnaker di antaranya tentang digital marketing, video editing, fotografi, product design, dan virtual event organizing.

Untuk pilihan lokasi yang akan dijadikan tempat pelatihan adalah Balai Besar pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) dan Balai Latihan Kerja (BLK) milik Kemnakaer yang ada di berbagai lokasi di Indonesia. Setidaknya ada 17 BLK yang telah dipilih oleh Kemnaker.

BBPLK dan BLK yang terpilih itu di antaranya: BLK Aceh, BBPLK Medan, BLK Padang, BBPLK Serang, BBPLK, Serang, BBPLK, Bekasi, BBPLK Bandung, BLK Lembang, BLK Semarang, BLK Surakarta, BLK Sidoarjo, BLK Banyuwangi, BLK Lombok Timur, BLK Bantaeng, BLK Pangkep, BLK Belitung, BLK Samarinda, dan BLK Makassar.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1693 seconds (0.1#10.140)