Perkuat Pertahanan Udara, KSAU Resmikan 4 Satuan Baru di Natuna

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 16:36 WIB
loading...
Perkuat Pertahanan Udara, KSAU Resmikan 4 Satuan Baru di Natuna
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Presetyo meresmikan empat satuan baru di Ranai, Kabupaten Natuna, Jumat (22/10/2021). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Udara ( KSAU ) Marsekal TNI Fadjar Presetyo meresmikan empat satuan baru di Ranai, Kabupaten Natuna , Jumat (22/10/2021). Empat satuan itu untuk memperkuat pertahanan wilayah udara Indonesia.

Adapun empat satuan TNI AU yang diresmikan pengoperasiannya yaitu, Skadron Udara 52, Detasemen Pertahanan Udara 475, 476, dan 477 Paskhas. Peresmian ditandai dengan pembukaan selubung papan nama satuan, penandatanganan prasasti, serta peninjauan fasilitas perkantoran Skadron Udara 52 dan Denhanud 477 Paskhas.

Fadjar menjelaskan, peresmian empat satuan secara serentak ini, merupakan bagian dari upaya pembangunan kekuatan TNI AU, khususnya dalam pengembangan dan validasi organisasi. Tujuannya untuk mewujudkan satuan dan sistem kerja yang semakin efektif dan efisien, dalam memastikan terlindunginya kedaulatan negara di udara.

Baca juga: Ngeri! 8 Kapal Pukat Harimau Vietnam Bebas Menangkap Ikan di Natuna

"Empat satuan ini adalah bukti komitmen kita dalam mewujudkan Angkatan Udara yang disegani di kawasan. Komitmen ini akan terus kita tingkatkan secara bertahap dan berkelanjutan," ujar Fadjar.

KSAU memaparkan, pengoperasian satuan yang akan mengawaki alutsista moderen ini, membutuhkan pemimpin yang berkarakter tangguh dan teliti dalam mengambil setiap keputusan. Selain itu, dibutuhkan juga kecerdasan dalam bersikap dan memiliki ketahanan mental yang kuat dalam menghadapi berbagai situasi.

"Jagalah kepercayaan dan amanah ini dengan sebaik-baiknya. Utamakan keselamatan dalam setiap tugas, serta rawatlah berbagai sarana prasarana yang ada, khususnya alutsista, dengan penuh kehormatan dan rasa tanggung jawab," katanya.

Lebih lanjut Fadjar mengatakan ucapan terima kasih kepada seluruh warga Natuna, khususnya Ranai, yang telah menerima kehadiran satuan baru beserta anggota dan keluarganya.

Baca juga: Kirim Kapal Survei ke Laut Natuna, China Dituding Menekan Indonesia

"Semoga dengan kehadiran kami di tempat ini, akan semakin mewujudkan rasa aman, sehingga dapat menambah manfaat dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar," katanya.

KSAU juga melantik Letkol Pnb Dion Aridito sebagai Komandan Skadron Udara 52 dan Letkol Pas Tatag Wicaksono sebagai Komandan Denhanud 475 Paskhas. Sementara Komandan Denhanud 476 Paskhas adalah Letkol Pas Habib Yuwono Prasetya, serta Letkol Pas Frian Alfa Risdar sebagai Komandan Denhanud 477 Paskhas.

Pelantikan komandan satuan ini, diawali dengan pengambilan sumpah jabatan, penyematan tanda jabatan, dan diakhiri penandatanganan pakta integritas serta berita acara penyerahan jabatan.

Untuk diketahui, pembentukan Skadron Udara 52 Lanud Raden Sadjad ini berdasarkan Perkasau 56 tahun 2021 tanggal 15 Oktober 2021. Sementara pembentukan Denhanud 475, 476, dan 477 Paskhas berdasarkan Peraturan Panglima TNI Nomor 25 Tahun 2019 serta Peraturan Kepala Staf Angkatan Udara Nomor 30 Tahun 2019.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2342 seconds (0.1#10.140)