PPP Usul Suharso Cawapres, Airlangga Dinilai Ideal dengan Sandi atau Erick

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 17:12 WIB
PPP Usul Suharso Cawapres, Airlangga Dinilai Ideal dengan Sandi atau Erick
Jika terwujud duet Airlangga Hartarto dan Suharso Monoarfa, dinilai pasangan ideal Pilpres 2024, merupakan konfigurasi tepat antara suku Jawa dan non-Jawa. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - PPP menilai, jika terwujud duet Airlangga Hartarto dan Suharso Monoarfa, dinilai pasangan ideal untuk Pilpres 2024. Pasangan tersebut merupakan konfigurasi tepat antara suku Jawa dan non-Jawa serta nasionalis dan religius.

Baca juga: Golkar Terbuka untuk Koalisi Pilpres 2024, Syaratnya Airlangga Capres

Pengamat LIPI Wasisto Raharjo Jati menilai, faktor kesukuan adalah formasi ideal untuk menjadi pemimpin di Indonesia.

Baca juga: PPP Sebut Airlangga-Suharso Duet Ideal Jawa Non Jawa di Pilpres 2024



"Karena hal itu juga menunjukkan keseimbangan dan stabillitas relasi antara Jawa sebagai mayoritas dan non-Jawa sebagai minoritas," kata Wasisto, Jumat (15/10/2021).

Wasisto menilai, dua capres seperti Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto memang idealnya mencari cawapres dari kalangan non Jawa. Misalnya saja, ada nama Erick Thohir dan Sandiaga Uno.

"Saya Pikir Erick dan Sandiaga akan menjadi cawapres ideal bagi Airlangga dan Prabowo, jika kita merunut pada pola Jawa dan non Jawa," ucapnya.

Tapi menurut Wasisto, faktor Jawa dan non Jawa bukan satu-satunya indikator dalam memilih pasangan capres dan cawapres. Faktor identitas menjadi penting juga untuk dipertimbangkan.

"Melihat kecenderungan sekarang, karena adanya faktor identitas. Bisa jadi faktor agama diikutkan dalam nominasi capres dan cawapres itu," terangnya.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2262 seconds (11.210#12.26)