Syaikhona Kholil Layak Dapat Gelar Pahlawan Nasional

Kamis, 14 Oktober 2021 - 21:43 WIB
loading...
Syaikhona Kholil Layak Dapat Gelar Pahlawan Nasional
Seminar nasional dengan tema Syaikhona Kholil: Pejuang Kultural, Guru Para Pahlawan Nasional di gedung parlemen, Jakarta, Kamis (14/10/2021). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Langkah Partai NasDem memperjuangkan ulama besar asal Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Syekh Syaikhona Muhammad Kholil sebagai pahlawan nasional tak pernah kendur. Syekh Kholil layak mendapatkan gelar pahlawan nasional.

Salah satu bukti yang diperlihatkan NasDem adalah dengan menggelar seminar nasional dengan tema 'Syaikhona Kholil: Pejuang Kultural, Guru Para Pahlawan Nasional'. Seminar diselenggarakan oleh Fraksi Partai NasDem MPR RI di gedung parlemen, Jakarta, Kamis (14/10/2021).

Hadir sebagai narasumber Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar dan Ketua Tim Penyusul dari Yayasan Syiakhona Kholil, Muhaimin sebagai pembicara. Selain itu, terlihat petinggi Partai NasDem antara lain Ketua Fraksi NasDem MPR Taufik Basari, Sekretaris Fraksi NasDem MPR Syarif Abdullah Alkadrie, Wakil Ketua Fraksi NasDem DPR Willy Aditya, Ketua DPP NasDem Effendy Choirie, dan Ketua DPW NasDem Jawa Timur Sri Sajekti Sudjunadi.

Baca juga: Ridwan Kamil Usulkan Gelar Pahlawan Nasional untuk Mochtar Kusumaatmadja

Ketua Fraksi NasDem MPR, Taufik Basari mengakui tujuan dari seminar nasional ini untuk menajamkan pengusulan gelar pahlawan nasional kepada Syaikhona Muhammad Kholil Bin Abdul Latif.

"Seminar ini menjadi bagian dari ikhtiar NasDem untuk mendukung upaya teman-teman dari Yayasan Syaikhona Kholil dan khusunya para ulama dan guru di Madura, untuk memperjuangkan Syekh Kholil sebagai pahlawan nasional. Karena Syekh Kholil adalah guru dari para pahlawan nasional," kata pria yang akrab disapa Tobas ini.

Ia menambahkan, adalah tugas kita mengingatkan masyarakat bahwa kita mempunyai tokoh yang luar biasa, tokoh yang berjasa kepada bangsa.

"Untuk itu kita berharap rangkaian kegiatan ini bisa membuahkan hasil dan didengarkan oleh Dewan Gelar dan Presiden agar bisa menjadikan Syekh Kholil sebagai pahlawan nasional," kata Tobas.

Baca juga: Ketua MUI Kabupaten Bekasi Putra Pahlawan Nasional KH Noer Ali Tutup Usia

Sementara itu, salah satu narasumber seminar, Imam Besar Masjid Istiqal Nasaruddin Umar mengatakan, pemberian gelar pahlawan nasional kepada Syaikhona Kholil merupakan hal yang layak dilakukan. Syaikhona Kholil merupakan guru bagi sejumlah pahlawan yang ada di Indonesia.

"Syaikhona ini luar biasa. Layak untuk mendapatkan apresiasi dari negara mengingat jasa-jasanya. Dia menjadi guru dari para pendiri pondok pesantren besar di Indonesia. Bahkan dia juga pernah jadi guru sejumlah pahlawan," kata Nasaruddin.

Ia juga menuturkan bahwa sosok Syaikhona Kholil memiliki kedekatan dengan Bapak Proklamator Bangsa Bung Karno. Syaikhona Kolil bahkan pernah mengusap kepala Bung Karno dan turut mendoakan langsung dengan meniup ubun-ubun kepala Bung Karno.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1043 seconds (0.1#10.140)