Nama Calon Panglima TNI, Pratikno: Akan Dikirim Bulan Depan

Minggu, 10 Oktober 2021 - 09:40 WIB
loading...
Nama Calon Panglima TNI, Pratikno: Akan Dikirim Bulan Depan
Mensesneg Pratikno menyatakan sampai dengan saat ini belum ada surpres terkait calon Panglima TNI. Surpres akan dikirimkan bulan depan. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyatakan sampai dengan saat ini belum ada surat presiden (surpres) terkait calon Panglima TNI . Padahal, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto akan pensiun pada November mendatang.

"Belum, belum, belum diajukan," kata Pratikno kepada wartawan, Minggu (10/10/2021).

Terkait waktu yang kian sempit, Pratikno membeberkan presiden akan mengirimkan nama calon Panglima TNI ke DPR pada bulan depan. Namun, terkait tanggalnya Pratikno tak menyebut detail.

"Targetnya bulan depan jelas, memang harus diajukan bulan depan kemudian disidangkan DPR diputuskan DPR bulan depan," ucapnya.

Baca juga: Komisi I DPR Sebut Surpres Panglima TNI Dikirim Awal November

Dia hanya menjelaskan salah satu syarat menjadi Panglima TNI, yakni sebagai kepala staf angkatan. Dari masing-masing matra terdapat Jenderal Andika Perkasa sebagai KSAD, Laksamana TNI Yudo Margono sebagai KSAL, dan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sebagai KSAU.

"Syaratnya jadi Panglima TNI kan kepala staf ya, tapi memang belum diajukan," katanya.

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini memastikan awak media akan mendapatkan informasi penyerahan surpres tersebut ketika waktunya tiba. Dia memastikan, Surpres tak akan diajukan secara diam-diam.

"Kita tunggu saja. Semuanya masih berproses. Kita sedang fokus ke agenda nasional bangkit dari pandemi, maka kriteria untuk menjawab tantangan itu jadi penting, ini yang sebelumnya tidak menjadi kriteria utama. Kalau sudah tampak tanda-tandanya, nanti pasti langsung diumumkan, tidak mungkin diam-diam," ujar Faldo kepada wartawan, Jumat (8/10/2021).

Baca juga: Lodewijk: Kita Masih Tunggu Surpres Calon Panglima TNI, Waktu Persiapan Kian Sempit
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)