Dirjen PHU Menyambut Baik Pembukaan Umrah untuk Jamaah Indonesia

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 19:03 WIB
loading...
Dirjen PHU Menyambut Baik Pembukaan Umrah untuk Jamaah Indonesia
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag menyambut baik pembukaan umrah untuk jamaah Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief menyambut baik pembukaan umrah untuk jamaah Indonesia. Pembukaan tersebut tertuang dalam nota diplomatik Kedutaan Besar Saudi Arabia di Jakarta pada, Jumat 8 Oktober 2021 perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jamaah di Indonesia.

"Kita menyambut baik karena masyarakat Indonesia sedang merindukan itu betul menginginkan untuk pemanasan haji melalui umrah ini," jelas Hilman saat dihubungi MPI, Sabtu,(9/10/2021).

Dia menambahkan umrah saat ini sebetulnya menguji calon jamaah dalam melaksanakan ibadah umrah dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. "Di sana praktiknya sudah agak berbeda dengan sebelumnya. Jadi ini ujian. Saya berharap ini kalau berangkat betul-betul bisa menjadi ujian new normal," ucapnya.

Terkait persiapan, dia menyebut Kemenag hanya memfasilitasi pelaksaan umrah tidak seperti ibadah haji yang dikelola oleh pemerintah.

"Kalau umrah domain masyarakat, travel haji dan umrah, dari pemerintah tidak terlibat langsung, dan tidak bicara kuota. Jadi kalau ada kuotanya dari pemerintah Saudi maka Indonesia bisa diberikan kesempatan sekian ribu ya maka tugas dari Ditjen PHU adalah mengatur agar ini secara sistemik berjalan dengan baik yaitu mempersiapkan skenario keberangkatan kemudian prokes yang harus digunakan diterapkan disiapkan seperti apa," ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)