Soal Panglima TNI Pengganti Hadi, DPR: Ada Waktu Sebelum atau Sesudah Reses

Senin, 04 Oktober 2021 - 14:37 WIB
loading...
Soal Panglima TNI Pengganti Hadi, DPR: Ada Waktu Sebelum atau Sesudah Reses
Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus mengatakan masih ada waktu setidaknya sampai sebelum 1 Desember untuk memperoses panglima TNI pengganti Hadi Tjahjanto yang akan pensiun. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Lodewijk Freidrich Paulus menyebutkan masih ada waktu bagi Presiden Joko Widodo dalam menentukan nama calon panglima TNI dan mengirimkan Surat Presiden (Surpres) ke DPR RI.

Ia menyebutkan presiden dapat memutuskan nama calon pengganti Panglima TNI baik sebelum masa reses DPR RI yang akan berlangsung pada 7 Oktober hingga 8 November 2021 atau sesudah masa reses.

"Pak Hadi Tjahjanto itu pensiun 9 November 2021. Secara de jure, beliau lahir tanggal 9 November dan resmi pensiun 1 Desember," ujar Lodewijk Freidrich Paulus di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/10/2021).



Menurut dia, persiapan pemilihan panglima TNI yang diusulkan Presiden Jokowi bakal berlangsung cepat dan tepat melihat situasi dan kondisi terkini.

"Jadi ada waktu juga panjang. Tapi kita berharap sebelum 9 Desember kita memiliki Panglima TNI yang baru. Ada waktu kita membahas masalah itu, fit and proper test, pelantikan, waktunya kita ada. Setelah masa reses sampai 1 Desember saat beliau pensiun sebagai prajurit TNI," tambah Lodewijk.



Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi sampai saat ini belum mengirimkan surat presiden (Surpres) soal calon Panglima TNI. Namun kabar terbaru dari Istana, disebutkan Presiden Jokowi sudah menyiapkan draf surat presiden usulan calon panglima TNI. Surat tersebut tinggal menunggu waktu untuk dikirimkan ke DPR.

Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada 8 November 2021. Ada tiga calon kandidat pengganti Hadi Tjahjanto yakni Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Andika Perkasa, dan Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1324 seconds (0.1#10.140)