200 Karya Denny JA Diterjemahkan ke Dalam Bahasa Inggris

Minggu, 03 Oktober 2021 - 15:31 WIB
loading...
200 Karya Denny JA Diterjemahkan ke Dalam Bahasa Inggris
Sebanyak 200 karya Denny Januar Ali atau populer disapa Denny JA telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebanyak 200 karya Denny Januar Ali atau populer disapa Denny JA telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Karya yang diterjemahkan itu dalam bentuk buku, film, dan video.

"(Karya) Itu terdiri dari 28 fiction books, 14 non-fiction books, 13 films, 66 animated videos, 79 opinion videos (30 on Sufi teachings + 18 videos on Working from Home + 30 videos on humanity)," kata Denny JA dalam siaran persnya, Minggu (3/9/2021).

Menurut Denny JA yang juga seorang pengusaha ini, sebuah karya berumur lebih panjang dibanding pengarangnya. Dengan penerjemahan karya ke dalam Bahasa Inggris, Denny yakin masing-masing karya memiliki nasibnya sendiri.

Baca juga: Satupena Disahkan Menkumham, Denny JA: Tenda Besar untuk Penulis

"Masih banyak karya saya yang belum diterjemahkan. Tapi biarlah karya itu menyusul saja," katanya.

Denny JA yang dikenal luas sebagai konsultan politik ini mengapresiasi kerja timnya selama 8 tahun terakhir.

Denny JA terjun di dunia kepenulisan sekitar 2013. Waktu itu, ia telah memiliki sebanyak 30 perusahaan yang sudah berjalan auto pilot. Di tengah kebebasan finansial itu, Denny lalu ingin mendermakan diri melalui karya.

Tak hanya mempublikasikan karya secara gratis, Denny juga membentuk tim besar untuk menerjemahkan karyanya dalam bahasa Inggris.

Baca juga: Denny JA Raih Lifetime Achievement Award sebagai Penulis

"Kadang saya takjub sendiri. Banyak sekali karya yang sudah saya buat. Setiap pagi, menulis itu bagai minum kopi. Rasanya tak lengkap satu hari tanpa menulis," katanya.

Mayoritas tema karya Denny JA soal hak asasi manusia di negara muslim terbesar. "Hak asasi memang gagasan yang menjadi life calling saya," kata Denny.

Gagasan hak asasi itu tak hanya dituangkan dalam bentuk buku sastra, tapi juga buku nonfiksi, orasi di Youtube, video animasi, lagu hingga film.

Denny juga membuat yayasan Gerakan Indonesia Tanpa Diskriminasi. Melalui yayasan ini, ia mengkampanyekan Indonesia yang bebas diskriminasi.

Selama 40 tahun berkarya, Denny JA sudah memperoleh penghargaan nasional dan internasional. Mulai dari Lifetime Achievement Award dari perhimpunan penulis Indonesia (Satupena). Juga penghargaan sastra level ASEAN.

Denny JA memperoleh penghargaan dari TIME Magazine hingga memecahkan rekor dunia pendidikan politik dari Guiness Book of World Record.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2015 seconds (0.1#10.140)