Partai Buruh Bangkit Kembali, Dideklarasikan 5 Oktober 2021

Minggu, 03 Oktober 2021 - 14:03 WIB
Partai Buruh Bangkit Kembali, Dideklarasikan 5 Oktober 2021
Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan bahwa Partai Buruh akan dideklarasikan pada Kongres pada 4-5 Oktober mendatang. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Buruh akan mendeklrasikan kebangkitannya kembali setelah lama tak ikut terlibat dalam kontestasi Pemilihan Umum ( Pemilu ). Deklarasi tersebut akan dilaksanakan dalam rangkaian Kongres di Jakarta yang digelar pada 4-5 Oktober mendatang.

"Pada prinsipnya, Kongres ini akan mengesahkan Badan Pendiri Partai Buruh yang baru atau pemilik daripada Partai Buruh yang baru," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam jumpa persnya secara virtual, Minggu (3/10/2021).

Said Iqbal menyebut, setidaknya ada 11 organisasi yang ikut terlibat dalam rencana membangkitkan kembali Partai Buruh. Organisasi tersebut di antaranya; para pendiri Partai Buruh yang lama, KSBSI, FSPMI, KSPSI, KSPI, KPBI, FSPKEP, Federasi Serikat Pekerja Farmasi dan Kesehatan.

Baca juga: Gimana Buruh Bisa Sejahtera? Sistem Pengupahannya Jalan di Tempat

Dia mengatakan, tidak hanya dari serikat buruh yang ikut terlibat dalam kebangkitan Partai Buruh. Namun juga ada insiasi dari Forum Tenaga Guru Honorer dan Guru Swasta, serta Gerakan Perempuan Indonesia (GPI).



"Yang tak kalah pentingnya, saya rasa baru pertama kali terjadi Serikat Petani Indonesia (SPI), organisasi petani terbesar di Indonesia telah menyatakan bergabung dan menjadi penginisiator awal daripada kebangkitan Partai Buruh," katanya.

Said Iqbal menyampaikan rencana rangkaian Kongres Partai Buruh. Pada 4 Oktober para insiator akan memulai terlebih dahulu dengan melakukan deklarasi kebangkitan Partai Buruh.

Baca juga: Serikat Buruh Australia Tolak Pakta Kapal Selam Nuklir, Ogah Perang dengan China

"(Kemudian) tanggal 5 Oktober penutupan Kongres akan diumumkan susunan pengurusnya yang baru dan keputusan Kongres lainnya," katanya.
(abd)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1210 seconds (10.177#12.26)