Menteri LHK Tegaskan Indonesia Komitmen Jaga Kelestarian Sumber Daya Air

Kamis, 30 September 2021 - 04:17 WIB
loading...
Menteri LHK Tegaskan Indonesia Komitmen Jaga Kelestarian Sumber Daya Air
Menteri LHK, Siti Nurbaya menegaskan, Indonesia, pada berbagai strata pemerintahan bekerja mewujudkan komitmen global dalam menjaga sumber daya air. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( LHK ), Siti Nurbaya menegaskan, Indonesia, pada berbagai strata pemerintahan bekerja mewujudkan komitmen global dalam menjaga kelestarian sumber daya air.

Baca Juga: Menteri LHK
Baca juga: Sumber Air Panas 'Misterius' di Cimanggu Dikembangkan Jadi Daerah Wisata

"Indonesia juga mendukung langkah-langkah perundingan dan kerja sama global terkait kelestarian sumber daya air yang sedang berlangsung," kata Siti Nurbaya.

Menteri Siti menjelaskan, tentang peran esensial sumber daya air berkelanjutan dalam pengelolaan DAS, penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), serta pembangunan keamanan pangan dan energi di Indonesia.

"Beberapa capaian signifikan yang telah dilakukan Pemerintah. Sebagai contoh, instalasi daur ulang air wudhu di Masjid Nasional Istiqlal. Di mana kapasitas terpasang untuk mengolah air limbah fasilitas ini bisa mencapai 96 meter kubik per hari, lebih dari cukup untuk menyediakan air bersih bagi setidaknya delapan ribu jamaah setiap hari," jelasnya.

Kemudian capaian lainnya kata Siti, adalah Eco-riparian yang berfokus pada bagaimana memanfaatkan sungai dan danau untuk mengurangi pencemaran limbah domestik melalui pengolahan bersama air limbah rumah tangga sebelum dibuang ke sungai, untuk sembilan lokasi Eco-riparian, di Citarum, Ciliwung, Bengawan Solo, serta Danau Toba.

"Sejak 2019, KLHK telah memperkenalkan pemanenan air hujan dengan lebih dari 500 unit terpasang di desa-desa di 16 provinsi di Indonesia, untuk mendapatkan air bersih untuk konsumsi rumah tangga," ucap Siti.

Partisipasi aktif KLHK dalam kegiatan dialog ini sangat menopang keberhasilan agenda Presidensi Indonesia pada G20 2022, yang akan berlangsung dari 1 Desember 2021, hingga KTT pada kuartal keempat tahun 2022.

Dalam acara ini Menteri LHK Siti Nurbaya didampingi Plt Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK, Sigit Reliantoro, Direktur Perencanaan dan Evaluasi Pengendalian DAS, KLHK, Dr Saparis, dan Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri KLHK, Dida.

Kegiatan tersebut diikuti oleh para pejabat setingkat menteri bidang lingkungan hidup dan kehutanan dari negara-negara tropika G20, para pejabat tinggi perwakilan dari 12 negara anggota G20, serta berbagai pimpinan entitas PBB dan lembaga internasional pemerhati lingkungan.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2404 seconds (0.1#10.140)