Kemnaker Puji Keberhasilan Program Desmigratif di Ponorogo

Senin, 27 September 2021 - 19:25 WIB
loading...
Kemnaker Puji Keberhasilan Program Desmigratif di Ponorogo
Kemnaker memuji keberhasilan program Desa Migran Produktif (Desmigratif) yang berhasil mengubah Desa Paringan, Kecamatan Jenangan, Ponorogo, Jawa Timur.
A A A
PONOROGO - Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) memuji keberhasilan program Desa Migran Produktif (Desmigratif) yang berhasil mengubah Desa Paringan, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Atas dedikasi pendamping desa yang telah mengerahkan seluruh kemampuannya melalui program Desmigratif, maka kini wajah Desa Paringan telah banyak mengalami perubahan pesat.

"Terima kasih khususnya kepada Kepala Desa Paringan yang telah berhasil mengubah wajah Desa Paringan, karena 80 persen penduduknya adalah pekerja migran, " kata Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi saat berdialog dengan pendamping desa program Desmigratif di Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu (25/9/2021).

Anwar Sanusi menyatakan sekitar tahun 1980-an fenomena orang keluar negeri merupakan suatu trend pertama kali untuk menjadi Pekerja Migran Indonesia (dulu TKW) di Arab Saudi, Malaysia, Taiwan, dan Korea, hingga ke Hongkong. Secara perlahan, warga Desa Paringan telah menjadi salah satu kantong pekerja migran karena banyak warganya yang bekerja di luar negeri.

"Potensi dan modal pengetahuan warga Pinaringan, yang sudah banyak di luar negeri, dibawa PMI ketika pulang dan itu akan menjadi kenangan yang diingat ketika mewujudkan suatu gagasan. Program Desmigratif ini intinya kalau berhasil harus kita tambah, " ujarnya.

Anwar Sanusi menambahkan Desmigratif adalah program perlindungan terhadap pekerja migran sejak dari kampung halaman yang bertujuan untuk memberikan pelindungan yang komprehensif bagi PMI dan keluarganya.

Terdapat empat pilar Desmigratif yakni pusat layanan migrasi, usaha produktif, pengasuhan anak secara bersama (community parenting), dan koperasi yang dalam pelaksanaannya memerlukan proses pembelajaran dan kreativitas.

"Sesuai arahan Ibu Menaker Ida Fauziyah, telah meminta seluruh jajaran Kemnaker agar program Desmigratif, khususnya pilar community parenting ini benar-benar mewujudkan kepedulian yang nyata terhadap perkembangan anak-anak PMI," ujar Sekjen Anwar Sanusi.

Anwar Sanusi menambahkan Desa Paringan ini harus tetap kita bantu agar bisa mandiri, dan yang masih tertinggal harus dibantu agar bisa berhasil. "Ini menurut saya tidak terlalu sulit dalam hal pemikiran, " katanya.

Dari hasil dialog dengan pendamping desa, Anwar Sanusi berpendapat di Desa Paringan masih ada ada dana desa yang bisa dimanfaatkan tidak hanya untuk infrastruktur tetapi dapat dimanfaatkan untuk bidang yang lain.

"Kalau potensi pasar ini sudah besar, saya bisa berbicara dengan Kementerian PUPR untuk dibantu infrastrukturnya agar dapat membuka pasar besar dalam hal produksi. Kita sedang menggagas kombinasi antara Kemendes, Kemnaker dan Kemenkop UKM untuk saling bekerja sama, " ucapnya. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1491 seconds (0.1#10.140)