Pengamat Nilai Airlangga Rajin Safari Bagian dari Konsolidasi Politik

loading...
Pengamat Nilai Airlangga Rajin Safari Bagian dari Konsolidasi Politik
Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Adi Prayitno menilai belakangan ini Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto rajin safari politik. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Adi Prayitno menilai belakangan ini Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto rajin safari politik. Menurutnya, hal itu bagian dari membangun konsolidasi politik jelang 2024 .

"Airlangga ini rajin safari politik belakangan ini. Itu tentu bagian dari membangun jejaring dan konsolidasi politik menuju jalan panjang 2024," ujar Adi saat dihubungi, Sabtu (25/9/2021). Baca juga: Didatangi Menko Airlangga, Ibu Pedagang Kebab di Solo Deg-degan Tak Bisa Tidur

Diberitakan sebelumnya, Airlangga bersama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) berolahraga pagi di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, pagi tadi.

Adi menyebutkan apa pun judulnya Cak Imin merupakan representasi politik Nahdlatul Ulama (NU) yang basis politiknya kuat di kalangan Nahdliyin seperti di Jawa Timur dan Jawa Tengah.



Adi juga menyebutkan bahwa Airlangga cukup agresif melakukan safari politik dengan berbagai tokoh juru kunci. Menurutnya upaya ini dilakukan Airlangga demi memuluskan langkahnya maju di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Kalau dilihat kecenderungannya belakangan ini, Airlangga memang cukup agresif. Silaturahmi politik, roadshow, safari dilakukan dengan berbagai tokoh juru kunci, tentu sebagai upaya untuk memuluskan langkah Airlangga maju Pilpres 2024," kata Adi.

Adi menambahkan kalau secara kepartaian tentu cukup terbuka. Sejarahnya, lanjut Adi, Golkar dan PKB kerap memiliki jagoan yang sama di Pilpres.

"Buktinya di jaman Jokowi mereka sama-sama mendukung Jokowi. Waktu jaman Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) periode kedua juga Golkar dan PKB mendukung SBY," papar Adi.

Sementara itu, Airlangga mengatakan pertemuannya dengan Cak Imin merupakan pertemuan santai. Menurutnya, sesama partai koalisi, mereka turut membantu dan fokus dengan program-program Presiden Joko Widodo (Jokowi). Baca juga: Airlangga-Cak Imin Bertemu, Ini Isu Penting yang Dibahas
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top