Perjuangkan Nasib Petani Kecil, Sekjen SPKS Raih Leadership Award 2021

Sabtu, 25 September 2021 - 08:01 WIB
loading...
Perjuangkan Nasib Petani Kecil, Sekjen SPKS Raih Leadership Award 2021
Sekjen SPKS Mansuetus Darto meraih penghargaan dalam ajang Indonesia Executive Professional Leadership Award Winner 2021, Yayasan Penghargaan Prestasi Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) Mansuetus Darto meraih penghargaan sebagai pejuang bagi petani kecil dan sawit keberlanjutan dalam ajang Indonesia Executive Professional Leadership Award Winner 2021, Yayasan Penghargaan Prestasi Indonesia di Hotel The Sultan Jakarta.

Penghargaan yang diberikan bertepatan dengan peringatan Hari Tani Nasional 24 September 2021, ini diraih atas perjuangan dan dedikasinya membawa SPKS sebagai organisasi petani yang selalu menyuarakan kepentingan petani kecil dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Indonesia adalah salah satu produsen kelapa sawit di Dunia dan petani sawit mengelola 41% dari 16,3 juta Hektare. Sisi pendapatan negarapun sangat besar dari sawit sebesar Rp300 triliun, ironinya masih banyak petani yang miskin dan menghadapi ketidakadilan dalam aspek produksi dan rantai supply sawit.

Melalui kepemimpinan Mansuetus Darto, SPKS terus berkomitmen dalam memajukan petani sawit kecil di Indonesia dan mentransformasikan para petani kecil ini dari corak budidaya tradisional menjadi lebih beradaptasi dengan perubahan-perubahan global. SPKS juga terus mendukung visi pembangunan perkebunan Indonesia melalui penguatan data petani sawit, peningkatan SDM petani sawit, membangun koperasi-koperasi petani kecil di desa-desa sawit Indonesia, serta membangun linkage antara petani dengan internasional market. Di sinilah pentinya peran organisasi dalam gerakan transformasi di level petani kecil.

Mansuetus Darto mengaku bangga atas penghargaan yang diterimanya dan ini menjadi hadiah dalam peringatan Hari Tani Nasional 2021 untuk petani anggota SPKS. ”Sekaligus untuk petani sawit yang melindungi hutan dan seluruh petani sawit di Indonesia,” katanya.

Darto juga memberi pesan agar pemerintah dan perusahaan bekerja serius melalui kebijakan yang adil dan responsif serta praktik-praktik perusahaan harus berubah dari yang opurtunis konservatif menjadi baru untuk memajukan petani kecil di Indonesia dan menghormati Lingkungan.

“Penghargaan yang diterima akan di jadikan sebagai semangat baru untuk terus melahirkan ide-ide dan kreatifitas dalam memperjuangan Petani Kecil dalam transformasi global saat ini,” katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1976 seconds (0.1#10.140)