Jurnalis KORAN SINDO Raih Juara II Kategori Opini Lomba Jurnalistik BPK

Jum'at, 24 September 2021 - 17:49 WIB
loading...
Jurnalis KORAN SINDO Raih Juara II Kategori Opini Lomba Jurnalistik BPK
Jurnalis KORAN SINDO Sabir Laluhu meraih penghargaan sebagai Juara II kategori opini media cetak dalam Lomba Karya Tulis Jurnalistik Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) 2021. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jurnalis KORAN SINDO Sabir Laluhu meraih penghargaan sebagai Juara II kategori opini media cetak dalam Lomba Karya Tulis Jurnalistik Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) 2021.

Artikel Sabir yang ditetapkan juri sebagai Juara II itu berjudul "Efektivitas PTRI ASEAN Harus Diperbaiki" yang diterbitkan KORAN SINDO di halaman Internasional edisi Jumat, 16 Juli 2021. Adapun tema besar Lomba Karya Tulis Jurnalistik BPK 2021 adalah "BPK Tangguh, BPK Terpercaya" yang disertai dengan empat tema khusus.

Ketua Dewan Juri sekaligus Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional BPK Selvia Vivi Devianti menyatakan, lomba kali ini dilaksanakan BPK dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI pada tahun ini. Bagi BPK dan para dewan juri, kata perempuan yang karib disapa Vivi ini, lomba jurnalistik ini juga merupakan bagian dari wujud demokrasi karena media massa adalah salah satu pilar demokrasi.Baca juga: Fit and Proper Test Calon Anggota BPK, DPR: Mari Kita Pantau agar Transparan

Vivi menuturkan, secara keseluruhan Lomba Jurnalistik BPK 2021 dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori berita media cetak dan kategori opini media cetak serta kategori berita media online dan kategori opini media online. Untuk penilaian, tutur Vivi, ada beberapa unsur yang dinilai dewan juri. Khusus kategori opini baik media cetak maupun media online terdapat empat unsur penilaian yakni orisinalitas, gaya bahasa, kesesuaian tema, dan saran dan kritik untuk BPK.Baca juga: KPK Diminta Ikut Mengawasi Seleksi Pemilihan Calon Anggota BPK
"
Kami ucapkan selamat kepada para pemenang. Rasa terima kasih dan penghargaan kepada rekan-rekan jurnalis setinggi-tingginya yang telah meluangkan waktu menuliskan berita dan mengikuti lomba ini serta para juri yang telah berikan penilaian. Lomba ini memberikan penghargaan terhadap berita yang akurat, berimbang, dan transparan," ujar Vivi saat memberikan sambutan mewakili dewan juri, Jumat (24/9/2021).

Sementara itu, Sabir Laluhu mengaku sangat senang dan bersyukur atas penghargaan yang diberikan oleh BPK pada Lomba Karya Tulis Jurnalistik BPK 2021. Menurut Sabir, penghargaan yang diberikan BPK sebagai bukti kualitas berita dan pemberitaan KORAN SINDO terhadap isu-isu strategis terkait dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi), kewenangan, peran, dan capaian kinerja BPK. Kualitas tersebut juga menunjukkan bahwa KORAN SINDO mampu bersaing dengan media massa lainnya termasuk di era banjir informasi saat ini.

"Saya ucapkan terima kasih kepada BPK atas penghargaan ini dan para juri yang telah memberikan penilaian. Saya juga berterima kasih kepada redaksi KORAN SINDO karena sebelumnya telah menerbitkan berita yang kemudian diikutsertakan dalam lomba dan dinilai oleh para juri. Penghargaan Lomba Karya Tulis Jurnalistik BPK 2021 yang saya raih ini adalah bukti nyata kualitas pemberitaan dan berita yang diterbitkan KORAN SINDO," ujar Sabir di Jakarta, Jumat (24/9/2021) sore.



Sabir berpandangan, sebenarnya ada banyak isu atau tema terkait BPK yang bisa digali, diolah, dan ditulis para jurnalis hingga diterbitkan setiap redaksi media massa. Pasalnya ruang lingkup pemeriksaan BPK menyasar seluruh kementerian, lembaga, hingga pemerintah daerah. Sebagai contoh, kata Sabir, berbagai hasil pemeriksaan BPK bisa dilihat seperti dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) maupun Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) I dan IHPS II yang rutin diterbitkan BPK. Selain itu, ada juga hasil audit investigatif BPK terkait dengan perkara korupsi hingga pendapat BPK yang terkait aspek tertentu atau program pemerintah.

"Hasil pemeriksaan, temuan, dan rekomendasi BPK maupun audit investigatif dan pendapat BPK itu bisa jadi berbagai tema yang digarap jadi banyak berita. Kita tinggal pilih isu atau tema mana yang cocok datanya buat ditulis. Apalagi LHP LKPP, IHPS, maupun pendapat BPK dibuka oleh BPK dan tersedia di website resmi BPK, itu bisa diunduh siapapun termasuk jurnalis dan media massa," tandas Sabir.

Sebelumnya, Sabir Laluhu juga meraih penghargaan sebagai Juara III kategori berita dalam Lomba Karya Jurnalistik Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) 2020. Selain itu, satu tulisan Sabir berada di posisi keempat dalam Lomba Karya Jurnalistik BPK 2020. Tidak hanya itu, Sabir juga menerima penghargaan Terbaik III kategori jurnalis media online Anugerah Konstitusi 2021 dari Mahkamah Konstitusi (MK) pada 13 Agustus 2021.
(cip)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3066 seconds (11.210#12.26)