TNI AL Genjot Vaksinasi di Cianjur

loading...
TNI AL Genjot Vaksinasi di Cianjur
Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq didampingi Danlanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati bersama Kapolsek Cipanas, Danramil, Camat, Kepala Desa Batulawang. Foto/Refi Sandi
JAKARTA - TNI AL menggenjot vaksinasi Covid-19 di Cianjur, Jawa Barat. Hal ini lantaran capaian vaksinasi di daerah tersebut masih di bawah angka 70 persen.

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) melalui Pangkalan Utama Militer AL (Lantamal) III Jakarta menggelar serbuan vaksinasi di Desa Batulawang, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Berdasarkan data dari website vaksin.kemkes.go.id persentase vaksinasi Kabupaten Cianjur baru mencapai 19,82 persen atau 379.900 untuk dosis pertama. Karena itu, Lantamal III Jakarta menggelar serbuan vaksinasi di daerah yang masih rendah persentasenya.

"Betul sekali, karena ini program pemerintah dan TNI AL yang biasanya memiliki tugas di wilayah pesisir. Karena wilayah pesisir kita sudah mencapai 70 persen baik pada dosis 1 dan dosis 2, maka kita mencoba memilih daerah-daerah yang persentasenya masih agak rendah, kali ini wilayah Kabupaten Cianjur. Ini hasil koordinasi dengan pemerintah setempat," ujar Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq di Cianjur, Jumat (24/9/2021).

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Jaksel, Warga Dapat Bantuan Paket Sembako



Kemudian, Umar menyebut target serbuan vaksinasi kali ini sebanyak 1.000 dosis vaksin Sinovac tahap pertama. "Target hari ini 100 vial kita mungkinkan sampai dengan 1.000 dosis vaksin. Harapannya tercapai dan mudah-mudahan apabila ini tercapai, kita bisa mengurangi persentase yang belum tervaksin dan akan menambah persentase yang tervaksin," tuturnya.

Dia mengingatkan, program ini merupakan bagian pada program nasional. "Saya mendengar masih ada empat titik lagi, kalau di tiap tempatnya seribu mudah-mudahan persentase di Kabupaten Cianjur ini bisa memenuhi target yang nantinya pada akhir bulan September bisa 70 persen masyarakat Cianjur bisa tervaksin semuanya baik tahap 1 maupun tahap 2."

Lebih lanjut, Umar manambahkan alasan memilih Kabupaten Cianjur karena masih berada di wilayah Pangkalan AL (Lanal) Bandung sehingga masih dalam wilayah kerja Lantamal III Jakarta.

"Wilayah Bandung bersinergi berkolaborasi dalam menyelenggarakan kegiatan pertahanan, jadi meliputi kabupaten di sekitar wilayah Bandung. Lanal Bandung memiliki wilayah kerja mulai dari Pangandaran, Sukabumi, Cianjur, hingga Tasikmalaya," katanya.
(zik)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top