Antisipasi Pungli, Kakorlantas Terus Berbenah Beri Pelayanan Terbaik

loading...
Antisipasi Pungli, Kakorlantas Terus Berbenah Beri Pelayanan Terbaik
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Istiono menegaskan, bahwa pihaknya terus berusaha memberi pelayanan terbaik untuk masyarakat. Foto/Ist
JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas ( Kakorlantas ) Polri, Irjen Pol Istiono menegaskan, pihaknya terus berusaha memberi pelayanan terbaik untuk masyarakat. Termasuk selalu berbenah membangun wilayah bebas korupsi atau pun pungutan liar (pungli) di jajarannya.

Baca juga: Lepas Tim Penyekatan PPKM Darurat, Kakorlantas Minta Personel Bertindak Humanis, Tegas, dan Terukur

"Selama hampir dua tahun ini kami berusaha bangun pelayanan publik berbasis IT, tujuannya adalah membangun wilayah bebas korupsi. Di antaranya dengan pelayanan dan pembayaran tidak bersentuhan dengan masyarakat, seperti yang telah ditetapkan Menpan RB," ujar Kakorlantas Istiono, Sabtu (18/9/2021).

Baca juga: Kakorlantas Dampingi Asops Pantau Arus Balik dari Sumatera, Pemudik Diminta Punya Bukti Bebas Covid-19



Ia juga mengatakan, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo telah mengeluarkan kebijakan pelayanan publik berbasis teknologi informasi dan terintrasi secara nasional guna memenuhi ekspektasi masyarakat yang sesuai dengan perkembangan teknologi di zaman sekarang serta mampu menegakkan hukum yang berkeadilan.

"Pelayanan publik yang telah kita bangun di antaranya SIM Internasional, SIM Perpanjangan Nasional (SINAR), Samsat Digital Nasional (SIGNAL). Pemohon cukup di rumah saja, SIM, STNK diantar sampai rumah," lanjutnya.

Dia menuturkan, dengan membangun Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) tujuannya untuk mengurangi kehadiran anggota di lapangan dan juga penyimpangan anggota di lapangan berkaitan dengan tilang. Tilang secara elektronik cukup bayar denda melalui Bank.

Meski begitu dia mengatakan, di lapangan masih ada saja penyimpangan. Nah ini harus terus menerus kita kontrol dan awasi, karena standar-standar publik yang sudah kita terapkan dengan maksimal.

"Bila masih ada kelemahan, tentu kami perlu masukan untuk berbenah. Bila ada komplain dari masyarakat silakan diadukan dan bila ada penyimpangan pasti kami tindak tegas," jelasnya.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top