Soal Duet Anies-Puan di Pilpres 2024, Pengamat: Keajaiban kalau Terjadi

Kamis, 02 September 2021 - 09:29 WIB
loading...
Soal Duet Anies-Puan di Pilpres 2024, Pengamat: Keajaiban kalau Terjadi
Anies Baswedan dan Puan Maharani. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Poster digital bergambar Anies-Puan kembali ramai di sejumlah grup WhatsApp. Mungkinkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua DPR RI Puan Maharani berduet di Pilpres 2024 ?

"Sebuah keajaiban kalau terjadi," kata pengamat politik dari Universitas Nasional (Unas) Robi Nurhadi kepada SINDOnews, Kamis (2/9/2021).

Robi mengatakan, kedua tokoh tersebut mewakili arus aspirasi massa yang berbeda dan gaya kepemimpinan yang berbeda juga. "Ada hubungan resiprokal yang negatif dari kedua tokoh ini. Artinya, ada pendukung Puan yang justru menolak Anies, dan sebaliknya, ada pendukung Anies yang menolak Puan," ujarnya.



Menurut Robi, apabila dua tokoh tersebut menjadi pasangan capres-cawapres, kelompok "Resiprokal Negatif" tersebut bisa cenderung golput atau berdamai. "Harapan saya mereka bisa berdamai untuk membangun NKRI. Namun, terkadang pendukung seringkali punya alasan yang khusus untuk golput," katanya.

Pertanyaannya kemudian, seberapa besar potensi golput dari kelompok tersebut? Secara teoritis, kata Robi, sekitar 10 persen dari masing-masing kubu tokoh tersebut. "Terkecuali, ada sentimen isu tertentu yang menguat terhadap salah satu tokoh, maka bisa melonjak di atas 50 persen," ujarnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)