Megawati Ingatkan Generasi Muda Dalami Cita-cita Kemerdekaan

Rabu, 18 Agustus 2021 - 07:44 WIB
loading...
Megawati Ingatkan Generasi Muda Dalami Cita-cita Kemerdekaan
Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri memberikan sambutan sebelum dimulainya Upacara Peringatan Kemerdekaan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI pada Selasa (17/8/2021) kemarin. Foto/YouTube Sekretariat Presiden
A A A
JAKARTA - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang juga Presiden RI ke-5 mengingatkan generasi muda saat ini untuk menatap masa depan bangsa dengan gagah berani dan mampu berdiri di kaki sendiri.

Hal tersebut disampaikan Megawati Soekarnoputri dalam video sambutan sebelum dimulainya Upacara Peringatan Kemerdekaan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI pada Selasa (17/8/2021) kemarin.

"Sebenarnya yang paling penting bagi bangsa Indonesia ini kita harus ingat jas merah. Jangan meninggalkan sejarah, karena kalau tanpa itu kita tidak bisa mengetahui kita bangsa dari mana," ujar Megawati Soekarnoputri.

Menurut Megawati, pengorbanan para pahlawan bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan dan semangat generasi muda saat ini dalam mengisi kemerdekaan perlu disinergikan.

Baca juga: SBY: Rakyat Mesti Patuh, Pemerintah Harus Dengar Harapan Masyarakat

"Jadi menurut saya terutama untuk anak-anak muda, dalam proklamasi ke 76 rasa kemerdekaan itu bukan hanya seremonial saja tapi harus didalami dalam cita-cita ke depan bahwa begitu besar pengorbanan kita," lanjut Megawati Soekarnoputri.

Megawati meyakini bahwa generasi muda saat ini memiliki kemampuan untuk maju, berkembang dan cerdas dalam memanfaatkan kemajuan teknologi dan zaman.

"Apa arti merdeka itu? Karena kita ingin mandiri, mari pemuda-pemudi Indonesia menatap masa depan dengan penuh gagah berani, dan pintar itu sebuah keharusan untuk bisa membantu negeri ini dengan mengelola sumber daya di negeri ini yang belum dikelola, berdiri di bawah kaki sendiri," tutur Megawati Soekarnoputri.

Ia berharap semangat generasi muda untuk membangun kemajuan dan persatuan bangsa dalam bingkai NKRI tidak pernah padam kedepannya.

"Semangat itu harus seperti api nan tak kunjung tajam. Kita jangan terlena kita baru berumur 76 tahun. Kita ingin berdiri ribuan tahun, itu makna yang ingin saya sampaikan dalam peringatan HUT ke 76. Sekali lagi tetap semangat bangunlah jiwanya, bangunlah badannya. Merdeka," tutup Megawati Soekarnoputri dalam video sambutannya.
(muh)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1575 seconds (10.55#12.26)