Hary Tanoesoedibjo: Indonesia Akan Besar kalau Daerah Tangguh

Selasa, 17 Agustus 2021 - 12:23 WIB
loading...
Hary Tanoesoedibjo: Indonesia Akan Besar kalau Daerah Tangguh
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) mengatakan, peran daerah cukup penting dalam memajukan Tanah Air. Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) mengatakan, peran daerah cukup penting dalam memajukan Tanah Air.

"Indonesia akan besar kalau daerah tangguh. Kalau kita perhatikan dalam beberapa tahun ekonomi dunia diwarnai globalisasi artinya kompetisi makin kompetitif. Diwarnai digitalisasi banyak mengubah ekosistem bagi dunia usaha besar maupun kecil. Yang berbasis internet sangat terdampak, retail mulai berhadapan dengan e-commerce," kata Hary dalam Webinar Festival Indonesia Tangguh 2021, Selasa (17/8/2021).

Seperti yang dilihat sekarang, lanjut HT, usaha di bidang travel atau pariwisata, khususnya misalnya ojek online berkembang cepat. "Pada intinya usaha berbasis internet sangat luar biasa. Itulah kenapa industri 4.0 disruptif. Ini momentum tepat untuk instrospeksi Indonesia bisa mengevaluasi dengan baik," tambahnya.

HT juga menyinggung otonomi daerah tentunya daerah menjadi lebih penting. Termasuk provinsi, kabupaten, kota akibat desentralisasi tadi.

"Daerah lebih berperan dalam membangun ekonomi bangsa. Jakarta dan Jawa Barat, Sulawesi Utara sangat strategis letaknya khususnya utnuk ekspor impor. Mari kita dengar bagaimana strategi beliau-beliau. Saya sebagai orang awam di dunia usaha bagaimana PAD di daerah tumbuh dan mandiri membangun ekonomi lebih kuat lagi. Bagaimana digitalisasi diatasi bisa menguntungkan usaha kecil. Pada saat pandemi lebih terdampak. E-commerce makin luar biasa," tutupnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)