Puan Maharani Kenakan Pakaian Bundo Kanduang Saat Bacakan Teks Proklamasi

Selasa, 17 Agustus 2021 - 10:46 WIB
loading...
Puan Maharani Kenakan Pakaian Bundo Kanduang Saat Bacakan Teks Proklamasi
Ketua DPR Puan Maharani Kenakan Pakaian Bundo Kanduang Saat Bacakan Teks Proklamasi. YouTube Sekretariat Presiden
A A A
JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). Dalam upacara ini, Puan didaulat membacakan Teks Proklamasi.

Putri Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri itu itu tampak mengenakan pakaian tradisional Bundo Kanduang, asal Lintau, Tanah Datar, Sumatera Barat.

Mantan Menko PMK ini memakai busana Bundo Kanduang bernuansa krem, merah, dan emas ini. Busana adat yang biasa disebut juga dengan Limpapeh Rumah Nan Gadang merupakan busana yang biasa dipakai oleh wanita Minang di Minangkabau, Sumatera Barat.



Busana ini biasa dipakai oleh seorang wanita yang telah dewasa atau yang telah menikah, dengan memakai Tingkuluak Balenggek, penutup kepala yang berasal dari Lintau, Tanah Datar.

Oleh wanita Minang, busana Bundo Kanduang biasa dipakai pada acara adat seperti pernikahan, pengangkatan datuak, dan lainnya. Makna dari busana ini adalah merupakan simbol dari pentingnya peran seorang ibu dalam sebuah keluarga.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)