Sambangi Pasien Covid-19 di Isoter Riau, Ketua Satgas: Jaga Pikiran, Semangat Terus

Minggu, 08 Agustus 2021 - 14:05 WIB
loading...
Sambangi Pasien Covid-19 di Isoter Riau, Ketua Satgas: Jaga Pikiran, Semangat Terus
Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito melakukan kunjungan ke fasilitas isolasi terpusat pasien Covid-19 di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. FOTO/DOK.BNPB
A A A
JAKARTA - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito melakukan kunjungan ke fasilitas isolasi terpusat (isoter) pasien Covid-19 di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Ganip menguatkan semangat warga terpapar Covid-19 yang isolasi di tempat itu. Ia menekankan para pasien untuk tetap menjaga imun yang tinggi meskipun terinfeksi virus.

Tak lupa, Ganip juga berpesan kepada warga untuk selalu berdoa agar diberikan kesehatan dan berpikiran positif. "Kita berdoa dan yakin, kita akan sembuh," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (8/8/2021).

Baca juga: Duet Luhut dan Sri Sultan Tinjau Tempat Isoter, Pastikan Ketersediaan Obat Aman

Ganip yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam kesempatan itu melakukan dialog dengan seorang pasien dengan gejala ringan yang mulai merasa sehat. Namun, pasien ini mengungkapkan selera makannya masih belum pulih karena ia tidak bisa mencium bau apapun.

Ketika bertemu dengan sejumlah warga di fasilitas isolasi terpusat itu, Ganip mengucapkan terima kasih kepada mereka yang sudah mau melakukan isolasi di tempat ini. "Tetap sehat dan semoga lekas sembuh. Kuncinya adalah imun, aman dan iman," ujarnya.

Sebelum meninggalkan fasilitas isolasi terpusat BPSDM Provinsi Riau, Ganip kembali berpesan kepada para pasien. "Jaga pikiran, semangat terus!," katanya.

Untuk diketahui, pemerintah daerah Riau telah menyiapkan lima fasilitas isolasi. Di samping BPSDM, pemprov menyediakan gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, Balai Pelatihan Kesehatan dan asrama haji. Khusus untuk asrama haji, fasilitas isolasi berkapasitas 513 tempat tidur ini dapat menampung pasien dengan gejala sedang.

Baca juga: Panglima TNI Imbau Warga Bergejala Covid-19 Segera ke Tempat Isoter

Sedangkan di wilayah kota, Pemerintah Kota Pekanbaru mengoperasikan rusunawa sebagai tempat isolasi terpusat. Total kapasitas isolasi terpusat di wilayah Provinsi Riau berjumlah 1.092 tempat tidur.

Sementara itu, data Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau per 6 Agustus 2021 mencatat rekapitulasi kasus konfirmasi positif berjumlah 105.125 kasus di seluruh kabupaten/kota. Angka tertinggi di Kota Pekanbaru yang mencapai 43.734 kasus atau 41,6% dari total jumlah kasus di provinsi.

Dari seluruh wilayah administrasi kabupaten/kota, hanya Kabupaten Kepulauan Meranti berada di zona risiko sedang. Wilayah administrasi lainnya berada di zona risiko tinggi.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2170 seconds (0.1#10.140)