Rangkaian Uang Tahun ke-9 SINDOnews (#9TahunMenginspirasi)

Rabu, 04 Agustus 2021 - 15:45 WIB
loading...
Rangkaian Uang Tahun ke-9 SINDOnews (#9TahunMenginspirasi)
Perjalanan sembilan tahun SINDOnews.com penuh dinamika. Lahir pada 5 Juli 2012, butuh waktu untuk mengenalkan nilai-nilai yang ditawarkan kepada masyarakat pembaca. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perjalanan sembilan tahun SINDOnews.com penuh dinamika. Lahir pada 5 Juli 2012, SINDOnews tidak lansung tampil gagah. Butuh waktu untuk mengenalkan nilai-nilai yang ditawarkan kepada masyarakat pembaca.

Sejak awal, SINDOnewsdihadirkan senafas dengan “kakaknya” KORAN SINDO. Memberikan sajian yang menggugah semangat yang inspiratif tanpa mengurangi daya kritis. Lebih memberikan sajian yang mendalam dan komperhensif dibumbui kecepatan yang merupakan ciri khas media massa berbasis online.

Di tahun ke sembilan ini, SINDOnews ingin terus memberikan inspirasi kepada masyarakat. Tema ini sengaja kami usung di tengah masuk pandemi yang masih menimpa bangsa ini yaitu Covid-19. Bagi kami sebagai media massa, pandemi lain yang lebih dulu adalah pandemi berita bohong (hoax).

Pandemi ini yang lebih dulu kami lawan sejak SINDOnews hadir. Saat ini, kami ingin memberikan inspirasi kepada masyarakat pembaca bukan hanya bersatu melawan pandemi Covid-19, tapi juga pandemi berita bohong.

Kami mengusung berbagai kegiatan pada ulang tahun ke-9 SINDOnews. Kegiatan yang kami anggap sesuai dengan suasana dua pandemi di atas, di antaranya:

1. Bedah buku
- Tema : Bedah Buu “Sang Peramal”
- Nara sumber : Chandra Bientang dari penerbit Naura.
- Hari/Tanggal : Jumat, 6 Agustus 2021 pukul 10.00 WIB.
- Livestream : WP Sindonews.com dan Youtube sindonews
Buku bagi kami sebagai obat pandemi Covid-19 dan pandemi berita bohong. Ketika mobilitas kita terbatas, membaca buku di rumah adalah salah satu solusi pintar untuk meningkatkan pengetahuan kita. Dengan membaca pun, literasi kita akan meningkat dan ini sebagai vitamin sekaligus obat di masa pandemi berita bohong. Link zoom: http://bit.ly/BedahBukuHutSindonews

2. Pomba penulisan cerita pendek
- Periode : 6-22 Agustus 2021
- Caranya : Upload photo ilustrasi dari cerita Anda dan tulis ceritamu di koom caption. Naskah maksimal 2.000 karater dan terbuka untuk umum. Mention IG @sindonews dan @koransindo serta hastag #9tahunmenginsiprasi. Pastikan akun tidak terkunci dan merupakan akun asli. Lebih jelas cek https://instagram.com/sindonews

3. SINDOnews Weekly quis :
- Tema : Kuis Tebak Tokoh SINDOnews
- Periode kuis : 9-30 Agustus 2021 dalam empat periode setiap minggunya. Setiap periode akan dimulai hari Senin dan berakhir Jumat. Pengumuman setiap periode pada awal pekan depannya.
- Cara : bukan www.sindonews.com. Lalu klik banner Kuis Tebak Tokoh, isi identitas diri dan jawab setiap pertanyaan. Kami juga menyiapkan clue setiap jawaban.
- Hadiah : setiap periode akan ada lima pemenang berupa voucher hotel.

4. Internasional Webinar :
- Tema : Jurnalis Internasional Melawan Hoax di Masa Pandemi
- Nara sumber : M Susilo (Journalist of BBC UK), Savran Billah (Kontributor sindonews.com di Turki, dan Krisna Diantha (KORAN SINDO dan SINDOnews contributor Switzerland)
- Moderator : Djaka Susila (jurnalis KORAN SINDO dan SINDOnews)
- Hari/Tanggal : Selasa, 31 Agustus 2021 pukul 14.30 WIB
- Livestream : WP Sindonews.com dan Youtube sindonews

Rangkaian kegiatan tersebut adalah betuk kewajiban moral (moral obligation) SINDOnews untuk memberikan suguhan yang berkualitas. Selain sebagai entitas bisnis, SINDOnews juga sebagai entitas sosial yang mempunyai tanggung jawab untuk mencerdaskan masyarakat pembaca.

Bahkan, sebagai entitas sosial ini harus lebih dikedapankan. Rangkaian kegiatan tersebut adalah bentuk salah satu tanggung jawab moral SINDOnewskepada masyarakat pembaca dan bangsa Indonesia.

Kita tentu mengucapkan terima kasih kepada para pembaca yang terus memberikan dukungan kepada SINDOnews. Doa dan restu para pembaca agar SINDOnews terus bisa menyajikan good journalism kepada masyarakat. Tentu kita sangat terbuka dengan kritik membangun. Karena dengan kritik itu kita menjadi sadar diri bahwa kami harus terus berbenah. Sembilan tahun SINDOnews, #9tahunmenginsiprasi

Redaksi.
(poe)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1157 seconds (10.177#12.26)