Zikir dan Doa Kebangsaan, Jokowi Memohon Indonesia Terbebas dari Pandemi

Minggu, 01 Agustus 2021 - 22:36 WIB
loading...
Zikir dan Doa Kebangsaan, Jokowi Memohon Indonesia Terbebas dari Pandemi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengikuit zikir dan doa kebangsaan yang digelar secara virtual, Minggu (1/8/2021) malam. FOTO/TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE
A A A
JAKARTA - Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang akan genap berusia 76 tahun pada 17 Agustus 2021 nanti, lintas agama menggelar zikir dan doa kebangsaan, Minggu (1/8/2021) malam. Hadir dalam acara tersebut Presiden Joko Widodo ( Jokowi ), Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Watimpres dan sejumlah tokoh dari unsur lintas agama.

Dalam acara tersebut, Jokowi berpesan bahwa kemerdekaan yang didapat hingga saat ini merupakan berkat dari Yang Maha Kuasa dan semangat perjuangan dan kebersamaan anak bangsa.

"Kita harus selalu ingat bahwa kemerdekaan yang kita nikmati hari ini merupakan berkat rahmat Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa dan perjuangan dari para syuhada dan semangat persatuan dan kebersamaan dari seluruh anak bangsa tanpa mengenal perbedaan suku agama dan juga golongan," Kata Jokowi.

Baca juga: Jelang HUT ke-76 RI, Jokowi dan Ma'ruf Amin Gelar Zikir dan Doa Kebangsaan

Melihat semangat kebersamaan yang terbentuk sejak dulu, Jokowi juga meminta para penerus bangsa untuk melanjutkan gotong-royong yang telah diwariskan oleh para pendahulu, apalagi di tengah situasi Pandemi saat ini.

"Saya percaya semangat kebersamaan dan gotong-royong yang diwarisi oleh para pendiri bangsa akan selalu melekat dalam jiwa kita laksana api yang menyala-nyala, terutama di saat bangsa dan negara kita menghadapi ujian dan tantangan saat ini, negara kita sedang menghadapi ujian yang sangat berat yaitu pandemi Covid-19," katanya.

Untuk itu, Jokowi juga mengajak seluruh elemen bangsa bergandengan tangan merapatkan barisan bahu-membahu melakukan ikhtiar lahir maupun batin bersama-sama menghadapi pandemi Covid-19.

"Sebagai bangsa yang berketuhanan yang Maha Esa, doa adalah senjata orang mukmin penguat dan penyembuh sebagai kekuatan yang maha dahsyat untuk membangkitkan harapan dan optimisme," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Baca juga: Zikir Kebangsaan Indonesia Merdeka, Wapres: Cinta Tanah Air Sebagian dari Iman

Jokowi juga menambahkan dengan kebersamaan berzikir dan melantunkan doa bersyukur pada Tuhan atas anugerah kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Kegiatan ini juga sekaligus memohon kesembuhan. "Memohon pertolongan Tuhan yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang agar bangsa dan negara kita segera terbebas dari pandemi Covid-19," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)