Filantropi di Masa Pandemi: Menebar Kebaikan, Bersatu Bangkit dari Kesulitan

Selasa, 27 Juli 2021 - 18:56 WIB
loading...
Filantropi di Masa Pandemi: Menebar Kebaikan, Bersatu Bangkit dari Kesulitan
warga yang sehat di Gang 17 B RW03 Kelurahan Gadang, Kota Malang, Jawa Timur, mendirikan dapur umu. Masakannya dibagikan kepada pasien isoman. Foto/iNews/Deni Irwansyah
A A A
JAKARTA - Sepetak tanah kosong di Gang 17 B RW03 Kelurahan Gadang, Kota Malang , Jawa Timur itu kini disulap menjadi dapur umum. Terpal biru menghampar sebagai penghalang sinar mentari dan terpaan hujan.

Sudah sepekan lebih tenda darurat itu berdiri. Setiap hari, tak pernah ada kata sepi. Sejumlah ibu-ibu sibuk memasak nasi, sayur dan aneka lauk. Bergiliran mereka saling mengisi.

Ketika semua sudah tersaji, warga lain mengemas dalam kotak saji. Kebersamaan itu tak berhenti. Saat paket nasi kotak telah siap, warga lain mengangkutnya. Berkeliling mereka masuk gang demi gang, mengantarkan kepada keluarga yang sedang menjalani isolasi mandiri .

"Ketika ada yang meninggal dunia dan anggota keluarga harus isolasi mandiri karena positif, siapa yang membantu? Dari situ kami peduli dan tergerak untuk membuat dapur umum. Ini swadaya warga," kata Ketua RW 03 Effendy, Selasa (27/7/2021).



Uluran tangan untuk sesama tak hanya di Malang. Sebut saja warung ayam goreng Mbak Warni di Magelang, Jawa Tengah. Terketuk untuk membantu mereka yang sedang isolasi mandiri, rumah makan itu menyediakan 20 kotak nasi gratis. Paket nasi gratis ini baru sebatas di lingkungan warga sekitar.

Kedermawanan itu tak sekadar bantuan nasi. Beratnya pandemi telah melahirkan berbagai aksi sosial oleh perseorangan, warga, komunitas, maupun korporasi. Mereka tergerak untuk membantu yang sedang diimpit kesulitan.

Ketika varian Delta menghantam dan memicu peningkatan kematian, kebutuhan oksigen pun naik tajam. Tabung oksigen dan isinya tak pelak menjadi barang mahal dan langka.



Kebaikan kembali datang dari mereka yang peduli. Sebut saja Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen, Jakarta, yang menyediakan tabung oksigen untuk dipinjam. Begitu juga Komunitas Dapur Peduli di Pekalongan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3754 seconds (0.1#10.140)