Ini Kesan Mendalam Perwira AD Korsel Usai 2 Kali Ikuti Seskoad TNI AD

Jum'at, 23 Juli 2021 - 07:34 WIB
loading...
Ini Kesan Mendalam Perwira AD Korsel Usai 2 Kali Ikuti Seskoad TNI AD
Perwira AD Korsel Major Choi Jae Hoon menyampaikan kesan baiknya mendapat kesempatan menjalani Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) 2021 TNI AD. Foto: Tangkapan layar/Youtube TNI AD
A A A
JAKARTA - Perwira Angkatan Darat (AD) Korea Selatan ( Korsel ) Major Choi Jae Hoon menyampaikan kesan baiknya mendapat kesempatan menjalani Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) 2021 TNI AD . Dia mengaku telah dua kali mengikuti pendidikan reguler Seskoad. Sebelumnya, dia pernah juga mengikuti Seskoadpada 2015.

"Mengikuti pendidikan reguler LX Seskoad 2021 merupakan keinginan saya untuk mengembangkan ilmu militer di negara lain. Saya sangat bersyukur dapat bertemu dan mengenal rekan-rekan prajurit di Indonesia," katanya dalam siara Youtube TNI AD, Jumat (23/7/2021).

“Saya dulu pernah ikut pada tahun 2015, di infanteri di Bandung, waktu itu saya memang kurang bisa berbahasa Indonesia,” sambungnya.

Kemudian perwira asal Korseltersebut mengikuti pelatihan bahasa Indonesia di Pusdik Kementerian Pertahanan selama 9 bulan, sehingga kini lancar berbahasa Indonesia.

“Sebenarnya saya ingin dan saya mau ikut kursus TNI AD di Indonesia, jadi saya mengikuti seleksi untuk bisa mengikuti kursus luar negeri, dan alhamdulillah saya bisa lulus untuk mengikuti kursus luar negeri, kemudian saya datang ke Indonesia bersama keluarga saya,” ungkapnya.

Selama mengikuti pendidikan reguler Seskoad ke-60, Major Choi Jae Hoon memiliki pengalaman berkesan saat melaksanakan pelatihan medan terbuka di daerah Subang, Jawa Barat.

“Saya bersama rekan-rekan yang saya cintai, jadi saya merasa gembira dan bahagia, sehingga saya mengikuti latihan dengan baik dan enak,” ucapnya.

Pendidikan reguler LX Seskoad 2021 tidak hanya diikuti oleh prajurit perwira TNI AD, namun juga beberapa perwira siswa dari kepolisian dan prajurit perwira angkatan darat dari negara sahabat.

Ada juga lima perwira siswa dari negara sahabat yang berasal dari Malaysia, Singapura, Thailand, Pakistan, dan Korsel.

Setelah menjalani pendidikan selama enam bulan, para perwira siswa mendapatkan tanda kelulusan berupa ijazah. Upacara penyerahan ijazah dipimpin oleh Komandan SeskoadMayjen TNI Anton Nugroho.

Kepolisian RI sendiri mengirimkan 8 polisi sebagai perwakilan perwira siswa yang mengikuti Seskoad, salah satunya Kompol Slamet Ramelan.

Dia merasa berkesan dapat mengikuti pendidikan reguler Seskoad, sehingga lebih mengenal fungsi yang berada di Korps Angkatan Darat.

“Tentunya ke depannya akan menciptakan sinergitas kami dalam bertugas di lapangan, lebih mendalam satu sama lain, dengan sinergitas kami antara TNI AD dan Polri dapat menunjang pelaksanaan tugas kami di lapangan nanti,” kata Slamet.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2743 seconds (0.1#10.140)