Tanoto Foundation Serahkan Donasi 500 Ton Oksigen bagi Pasien Covid-19

Senin, 12 Juli 2021 - 01:46 WIB
loading...
Tanoto Foundation Serahkan Donasi 500 Ton Oksigen bagi Pasien Covid-19
Tanoto Foundation secara simbolis menyerahkan donasi 500 ton oksigen untuk penanganan Covid-19 di Indonesia melalui Kementerian Kesehatan, Minggu (11/7/2021). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Lembaga filantropi independen di bidang pendidikan, Tanoto Foundation secara simbolis menyerahkan donasi 500 ton oksigen untuk penanganan Covid-19 di Indonesia melalui Kementerian Kesehatan, Minggu (11/7/2021).

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Direktur Komunikasi Tanoto Foundation, Haviez Gautama kepada perwakilan Kementerian Kesehatan, Plt Kepala Pusat Krisis Kesehatan, Sumarjaya dan Sekretariat Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Lilik Kurniawan.

"Di tengah kondisi melonjaknya jumlah kasus Covid-19 di Indonesia saat ini, kita melihat ketersediaan oksigen bagi pasien Covid-19 di rumah sakit sangatlah penting. Kami mendapat arahan langsung dan mandat dari keluarga Tanoto, yang terpanggil untuk tanggap dan bergerak dengan cepat membantu memasok oksigen bagi rumah sakit yang membutuhkan, bekerja sama dengan mitra perusahaan kami PT RAPP. Kami berharap pasokan oksigen ini akan membantu proses penyembuhan banyak pasien," kata Haviez Gautama dalam keterangannya, Minggu (11/7/2021).

Baca juga: 5 Startup Jadi Pemenang Kompetisi Tanoto Foundation

Mitra perusahaan Tanoto Foundation, PT Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP) di Pangkalan Kerinci, Riau, mengalihkan sebagian fasilitas oxygen plant yang digunakan untuk proses pulp bleaching untuk memproduksi oksigen medis. Sebanyak 500 ton oksigen dikirim ke Pulau Jawa secara bertahap. Pengiriman dimulai dari lokasi PT RAPP di Pangkalan Kerinci pada Jumat, 9 Juli 2021 dan tiba di Jakarta pada Minggu, 11 Juli 2021.

Sumarjaya menyampaikan penghargaan kepada Tanoto Foundation atas kepedulian terhadap langkanya pasokan oksigen saat ini. "Kami akan segera mendistribusikan di pulau Jawa dan Bali, untuk mengoptimalkan pelayanan rumah sakit yang membutuhkan. Bantuan ini sangat penting untuk mengurangi kematian bagi pasien yang sedang dirawat dirumah sakit," katanya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa bantuan oksigen tahap pertama ini akan dikirimkan ke DKI Jakarta sebanyak 46 ton, Provinsi Jawa Barat, dan 6 ton untuk Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY).

Baca juga: Beasiswa Teladan Tanoto Foundation Kembali Dibuka untuk 9 PTN

Sekretariat Utama BNPB, Lilik Kurniawan juga menyatakan apresiasi atas kecepatan Tanoto Foundation menanggapi kurangnya pasokan oksigen saat ini. "Bantuan ini sangat dibutuhkan disaat lonjakan pasien Covid-19. Respons cepat Tanoto Foundation sangat meringankan kami dalam memenuhi pasokan oksigen yang semakin langka. Oksigen ini akan segera kami distribusikan ke rumah sakit di Pulau Jawa dan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan," katanya.

Donasi ini merupakan wujud solidaritas Tanoto Foundation, lembaga filantropi yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto pada 1981, dalam membantu pemerintah menghadapi pandemi Covid-19 di Indonesia. Tanoto Foundation berharap agar situasi di Indonesia dapat segera membaik dan bersama seluruh negeri akan senantiasa berkontribusi dalam penanganan pandemi Covid-19.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1870 seconds (0.1#10.140)