Berharap Pandemi Berakhir, Slank Bersama Mac UI Gelar Doa Bersama Lintas Iman

Kamis, 08 Juli 2021 - 22:05 WIB
loading...
Berharap Pandemi Berakhir, Slank Bersama Mac UI Gelar Doa Bersama Lintas Iman
Group band Slank bersama dengan Makara Art Center Universitas Indonesia (MAC UI) menggelar doa bersama lintas iman secara daring. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Group band Slank bersama dengan Makara Art Center Universitas Indonesia (MAC UI) menggelar doa bersama lintas iman secara daring tadi malam, Rabu (7/7/2021). Acara doa bersama yang dipimpin para tokoh muda dari masing-masng agama di antaranya KH. Colil Nafis (Islam), Pdt. Jimmy Sormin (Kristen), Rm. Agustimus Heri Wibowo (Katholik), Bedande Astono Chandra Dna (Hindu), Bhiku Abhiseno (Buddha), Js. Kristan, MA (Kong Hu Chu) dan Naen Suryono (penghayat Kepercayaan) ini dalam rangka memperingati Slankers Day yang jatuh pada Selasa, 6 Juni 2021.

Selain merayakan Slankers Day, acara ini juga untuk merespons situasi pandemi yang semakin banyak memakan korban. Selain para tokoh agama, acara ini juga dihadiri Wakil Rektor 1 UI, Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Abdul Haris, Stafsus Menteri Agama, Wibowo Ptasetryo dan seluruh personel Slank; Bimbim, Kaka, Abdi, Ridha dan Ivan dengan pemandu acara Ngatawi Al-Zastrouw Kepala MAC UI.

Dalam sambutannya, Bimbim menyatakan, acara ini merupakan gerakan hati-hati yang tersambung. “Saat kami manggung di Matro TV beberapa hari yang lalu, saya bilang pada Rodha dan temen-temen Slank, kok belum ada gerakan do’a untuk merespons pandemi Corona, padahal segala upaya telah kita lakukan. Setelah itu, beberapa hari kemudian Mas Zastrouw telepon saya dan mengajak doa bersama. Padahal tak ada pembicaraan dan komunikasi sebelumnya. Ini yang saya maksud bahwa doa bersama ini merupakan getaran hati yang digerakkan oleh Tuhan,” ucapnya.
Sedangkan, Wakil Rektor 1 UI, Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Abdul Haris menyampaikan kegiatan doa bersama ini merupakan hal penting karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragama, bangsa religius, bangsa yang bertuhan. ”Sebagai bangsa yang ber Tuhan, sudah seharusnya kita berdoa dan memohon kepada Tuhan untuk mengatasi wabah Corona, selain berikhtiar melakukan upaya lahiriyah. Sebagai lembaga akademik UI sudah melakukan berbagai kegiatan ilmiah maupun sosial untuk mengatasi pandemi Covid-19,” katanya.
Termasuk melakukan bebeberapa penelitian ilmiah, menurunkan dokter dan tenaga medis sampai relawan kesehatan telah dilakukan oleh UI. “Melengkapi berbagai upaya lahiriah dan ilmiah tersebut maka malam ini UI turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan doa bersama lintas iman, sebagai upaya batin dalam menghadapi wabah Corona. Semua ini merupakan bentuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususya Dharma Pengabdian pada Masyarakat,” ucapnya.

Dia berharap, acara ini dapat menjadi inspirasi bagai kaum muda dan bangsa Indonesia untuk menggerakkan kekuatan batiniah dalam upaya menghadapi bencana pandemi. “Kami berharap kegiatan seperti ini bisa dijalankan oleh seluruh komponen masyarakat. Kita bersama-sama mengetuk pintu langit, memohon kepada Allah agar pandemi segera berlalu,” katanya.

Sementara itu, Rm. Agustimus Heri Wibowo menyambut baik kegiatan tersebut. “Kementrian Agama akan memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan seperti ini dan menghimbau agar acara do’a bersama seperti ini menjadi gerakan di masyarakat,” ucapnya.

Di sisi lain, Zastrouw menyatakan kegiatan doa bersama yang dilakukan Slank dan MAC UI ini bisa menjadi sumber inspirasi masyarakat untuk meningkatkan kekuatan batiniah dan ikatan sosial. “Kegiatan ini tidak hanya memiiki dimensi spiritual yang bisa meningkatkan kekuatan batin, tetapi juga memiliki dimensi sosial karena dapat memperkuat ikatan sosial antar sesama. Jika hal ini dilakukan secara rutin dan sungguh-sungguh maka akan dapat meningkatkan imunitas,” kata Zastrouw.

Acara doa bersama yang berlangsung sekitar 1 jam ini diikuti oleh ribuan Slanker se-Indonesia melalui kanal youtube Slank dan MAC. Semua peserta mengikuti doa secara khusyuk. Tak ada ceramah atau tausiah dalam acara melaiinkan hanya doa dan harapan yang dilantunkan dengan penuh ketulusan hati.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2479 seconds (0.1#10.140)