Wawasan Kebangsaan Masyarakat di Daerah Perbatasan Dinilai Penting

Kamis, 01 Juli 2021 - 07:08 WIB
loading...
Wawasan Kebangsaan Masyarakat di Daerah Perbatasan Dinilai Penting
Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) wilayah perbatasan ke 111 oleh Kodim 0911/Nunukan di Desa Persiapan Binusan Dalam RT 11, Kaltara. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Tak sekadar mengerjakan pembangunan secara fisik, Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) wilayah perbatasan ke 111 oleh Kodim 0911/Nunukan yang dilaksanakan di Desa Persiapan Binusan Dalam RT 11, Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara), memberikan pemahaman juga tentang wawasan kebangsaan.

Perwira Seksi Teritorial Lettu Inf Muhajir mengatakan, dengan penyuluhan wawasan kebangsaan akan menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada masyarakat di daerah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia ini.

"Walaupun setiap harinya hanya kurang lebih memakan waktu satu jam tapi kami yakin akan bermanfaat guna memelihara semangat kebangsaan dan memperluas wawasan kebangsaan para penduduk desa ini," kata Lettu Muhajir, Rabu (30/6/2021).

Dijelaskan Lettu Muhajir, penyuluhan wawasan kebangsaan ini dilakukan setiap harinya mulai pukul 08.00 Wita hingga selesai. "Baru setelah itu kita melanjutkan kegiatan kita masing-masing sesuai sasaran dan warga juga melanjutkan kegiatannya masing-masing," ucapnya.

Diharapkan dengan penyuluhan tentang wawasan kebangsaan ini, makin menumbuhkan rasa tanggung jawab bersama masyarakat di daerah perbatasan. Sehingga membangun karakter bangsa yang memiliki kesadaran bela negara serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Diketahui, Desa Binusan Dalam merupakan desa persiapan yang akan segera didefinitifkan menjadi Desa baru, pecahan dari Desa Binusan Kecamatan Nunukan, Kaltara ini memiliki 7 RT yang dihuni 1.834 jiwa dan 476 Kepala Keluarga (KK). Sementara di RT 11 Desa Binusan Dalam terdapat 300 jiwa yang tinggal.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2415 seconds (0.1#10.140)