Hadapi Corona, RI-Korsel Sepakat Kerja Sama Bikin APD

Senin, 20 April 2020 - 17:32 WIB
loading...
Hadapi Corona, RI-Korsel Sepakat Kerja Sama Bikin APD
Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan Korea Selatan menyepakati kerja sama produksi alat pelindung diri (APD) untuk penanganan virus Corona (Covid-19). Korea Selatan (Korsel) setuju menyediakan bahan bakunya dan Indonesia yang membuatnya menjadi APD.

“Selanjutnya menyangkut masalah APD. Sejauh ini Gugus Tugas bersama Kementerian Kesehatan telah membeli sekitar 1 juta APD yang bahan bakunya 100 persen berasal dari Korea Selatan. Kemudian kompensasinya kita wajib memberikan dukungan untuk mengembalikan bahan baku ini dalam bentuk produk jadi kepada Korea Selatan,” tutur Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo seusai rapat terbatas, Senin (20/4/2020).

Dia mengatakan, kesepakatan-kesepakatan semacam ini harus dimaklumi. Pasalnya tidak ada satu negara pun yang mammpu memenuhi kebutuhannya sendiri.

“Oleh karena itu dibutuhkan kompromi, kerja sama dan sebuah kesepakatan. Pemerintah tentu tidak ingin mengambil risiko yang besar ketika kita kekurangan APD. Tetapi juga kita tidak bisa membiarkan negara lain yang telah mengirimkan APD ke Tanah Air tidak kita kembalikan. Oleh karenanya sekali lagi kerja sama, kesepakatan ini penting sekali,” tuturnya. ( )

Doni juga mengatakan, Indonesia juga baru saja mendatangkan reagen untuk tes PCR corona yang juga berasal dari Korea Selatan.

Dia mengatakan dari hasil kerja sama antara Kementerian BUMN dan Kedutaan Besar Indonesia di Korea Selatan membuat reagen tersebut tiba di Tanah Air kurang dari 24 jam.

“Kemudian sampai dengan tadi pagi seluruh reagen yang telah dikirimkan dari Korea Selatan telah terdistribusi ke seluruh laboratorium yang ada di sekitar Jakarta termasuk juga beberapa provinsi lainnya,” tuturnya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1947 seconds (0.1#10.140)