Jokowi Anggap PPKM Mikro dan Lockdown Esensinya Sama, Minta Tak Dipertentangkan

loading...
Jokowi Anggap PPKM Mikro dan Lockdown Esensinya Sama, Minta Tak Dipertentangkan
Presiden Jokowi meminta masyarakat tak mempertentangkan antara PPKM Mikro dengan karantina wilayah atau lockdown karena esensinya sama. Foto/dok.SINDOnews
JAKARTA - Presiden Jokowi menegaskan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) mikro memiliki esensi yang sama dengan lockdown. Karena itu, istilah ini tidak perlu dipertentangkan. "Saya sampaikan bahwa PPKM Mikro dan lockdown memiliki esensi yang sama, yaitu membatasi kegiatan masyarakat untuk itu tidak perlu dipertentangkan," kata Jokowi dalam YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (23/6/2021).

Jokowi menuturkan, jika PPKM Mikro diterapkan dengan baik di lapangan, maka semestinya laju pertambahan kasus Covid-19 bisa terkendali. Namun yang menjadi persoalan saat ini implementasi pola kebijakan tersebut belum menyeluruh dan masih sporadis.

"Untuk itu saya minta kepada gubernur, bupati, dan wali kota untuk meneguhkan komitmennya mempertajam penerapan PPKM Mikro, optimalkan posko-posko Covid-19 yang telah terbentuk di wilayah desa atau kelurahan," jelasnya.

Baca juga: Covid-19 Itu Tidak Diskriminatif, Jokowi Anjurkan Masyarakat di Rumah Saja



Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan dirinya sudah melaporkan peningkatan kasus Covid-19 yang luar biasa kepada Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas yang diselenggarakan hari ini, Senin 21 Juni 2021.

"Kami sampaikan memang sampai saat ini terjadi peningkatan luar biasa, dan itu penting untuk bisa fokusnya bukan hanya ke sisi hilir di sisi rumah sakit, di sisi penanganan orang sakit, tapi lebih penting lagi fokus ke sisi hulu bagaimana kita mencegah agar orang sehat ini jangan menjadi sakit," jelas Budi dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden.
(muh)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top