Menkes Ungkap Pilihan Jokowi dalam Penanganan COVID-19, Ekonomi atau Kesehatan?

Senin, 21 Juni 2021 - 16:02 WIB
loading...
Menkes Ungkap Pilihan Jokowi dalam Penanganan COVID-19, Ekonomi atau Kesehatan?
Menkes Budi Gunadi Sadikin menjawab pertanyaan terkait pilihan Presiden Jokowi dalam penanganan Covid-19. Apakah cenderung mengutamakan ekonomi atau sektor kesehatan? FOTO/DOK.BNPB
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjawab pertanyaan terkait pilihan Presiden Jokowi dalam penanganan Covid-19. Apakah cenderung mengutamakan ekonomi atau sektor kesehatan?

"Bapak Presiden jelas sejak di awal dua-duaanya tidak bisa dipisahkan. Dan bapak presiden juga jelas di awal bahwa ekonominya tidak mungkin akan bisa selesai kalau kesehatan tidak selesai. Karena memang isu utamanya adalah isu kesehatan," kata Budi usai rapat dengan Jokowi, Senin (21/6/2021).

Jokowi, ujar Menkes, berkeyakinan ekonomi tidak akan pulih jika kesehatannya tidak bisa ditangani. Karenanya penanganan sektor kesehatan menjadi kunci penting untuk lolos dari wabah Covid-19 ini.

Baca juga: Covid-19 Melonjak, Pengusaha Resah dan Hanya Bisa Pasrah

"Bapak Presiden mengutamakan isu kesehatannya nih harus selesai. Karena tidak mungkin ekonomi bisa balik kalau isu kesehatan tidak selesai. Saya rasa arahan beliau soal itu telah jelas," tuturnya.

Saat ini sejumlah daerah seperti DKI Jakarta dan lainnya tengah dilanda lonjakan kasus COVID-19. Menkes mengatakan pemerintah terus berupaya mengendalikan hal ini demi menyelamatkan nyawa masyarakat. Kunci keberhasilan terletak di kepatuhan dalam PPKM skala mikro maupun protokol kesehatan.

"Arahan beliau adalah kita harus memperkuat implementasi lapangan untuk program PPKM Mikro, dan yang kedua kita harus mempercepat vaksinasi," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi Instruksikan Pendisiplinan Protokol Kesehatan
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)