Majukan Pariwisata, Sandiaga Tekankan untuk Fokus Tingkatkan Kualitas SDM

Minggu, 13 Juni 2021 - 11:12 WIB
loading...
Majukan Pariwisata, Sandiaga Tekankan untuk Fokus Tingkatkan Kualitas SDM
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, fokus pengembangan wisata saat ini adalah penguatan SDM. Foto/Twitter
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) di kawasan Danau Toba. Masyarakat lokal dididik agar mampu melayani wisatawan.



Sandiaga mengatakan, saat ini pemuda-pemudi sekitar Danau Toba dapat mengenyam pendidikan kepariwisataan di Politeknik Negeri Pariwisata di Medan. Tetapi saat ini juga sedang diusahakan untuk menghadirkan perguruan tinggi serupa di kabupaten/kota lainnya.

"Kami ada Poltekpar yang terletak di Medan tapi nanti akan kami kerja samakan dengan 8 kabupaten/kota ini agar institusi pendidikan di 8 kabupaten/kota menyiapkan SDM yang mumpuni di bidang pariwisata dan ekraf," ucap Sandiaga.

Di samping itu, lajut pria yang akrab disapa Mas Menteri itu, sejumlah siswa dari Danau Toba juga diterbangkan ke Bali guna mendapatkan pelatihan pariwisata.

"Kebetulan beberapa waktu yang lalu kami mengirim 80 siswa/siswi SMK di seputar Danau Toba ini untuk mendapatkan pelatihan selama 8 bulan di Bali. Jadi ini adalah bagian dari rencana kita selain membangun infrastruktur juga membangun SDM-nya," tutup Sandiaga.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1718 seconds (0.1#10.140)