Ibadah Haji Digelar Terbatas, Ini Persiapan KJRI Jeddah

loading...
Ibadah Haji Digelar Terbatas, Ini Persiapan KJRI Jeddah
Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali. FOTO/DOK.SINDOnews
JAKARTA - Pemerintah Arab Saudi telah memutuskan menggelar ibadah haji 2021 secara terbatas. Seperti tahun lalu, haji hanya diperuntukkan bagi warga negara Arab Saudi dan ekspatriat.

Hal ini telah dikonfirmasi oleh Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali saat dihubungi SINDOnews, Sabtu (12/6/2021).

"Pemerintah Arab Saudi mengumumkan dengan pertimbangan masih adanya Pandemi Covid Haji tahun 2021 hanya untuk WN Saudi dan Expatriat dengan jumlah quota 60 ribu," kata Endang Jumali dalam pesan singkatnya kepada SINDOnews.

Baca juga: Arab Saudi Putuskan Haji Hanya untuk 60.000 Jamaah Dalam Negeri

Meski telah mengumumkan keputusannya, Kerajaan Arab Saudi belum memberikan penjelasan lanjutan mengenai teknis pelaksanaan ibadah haji. Apakah jamaah mendaftar sendiri seperti tahun lalu atau ada kuota untuk masing-masing warga negara asing.



"Ini belum dirilis," ucapnya singkat.

Berkaca dari tahun lalu, ekspatriat atau mukimin (warga asing yang tinggal di Arab Saudi), mendaftar mandiri secara online melalui link yang disediakan. Nantinya, bagi yang terpilih, akan dihubungi langsung oleh petugas haji dari Arab Saudi.

"Persiapan kita standby dengan instruksi dari Kementerian Haji mekanisme seperti apa. Kita lihat beberapa hari ke depan," katanya.

Baca juga: Haji 2021 Hanya Diikuti 60 Ribu Orang, DPR Berharap Polemik Berakhir
(abd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top