Demo Kedubes Jepang, IANFU Tolak Rencana Buang Limbah Nuklir ke Laut Pasifik

Selasa, 08 Juni 2021 - 19:12 WIB
loading...
Demo Kedubes Jepang, IANFU Tolak Rencana Buang Limbah Nuklir ke Laut Pasifik
IANFU berunjuk rasa memperingati Hari Laut Sedunia di depan Kedubes Jepang. Mereka mengecam rencana Jepang yang akan membuang 1,25 juta ton limbah pendingin reaktor nuklir ke Samudera Pasifik. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Indonesia Antinuklir Fukushima (IANFU) menggelar unjuk rasa memperingati Hari Laut Sedunia di depan gedung Kedubes Jepang, Jalan MH Thamrin, Jakarta. Mereka mengecam dan menolak rencana Pemerintah Jepang yang akan membuang 1,25 juta ton limbah pendingin reaktor nuklir Fukushima ke Samudera Pasifik.

Aksi digelar sekitar pukul 11.50 WIB, Selasa (8/6/2021). Sejumlah orator berorasi secara bergantian. Koordinator lapangan, Zaki meminta Pemerintah Indonesia segera melayangkan keberatan dan penolakan atas rencana Jepang membuang limbah pendingin reaktor nuklir Fukushima ke laut. “China dan Korea Selatan telah mengecam rencana Jepang tersebut,” katanya.

Zaki menambahkan, tindakan memaksa alam menerima limbah tersebut membuka potensi pencemaran terhadap makhluk hidup di lautan. Yang juga menjadi sumber hidup dan bahan pangan bagi masyarakat luas di berbagai negara.

"Pertama yang dirugikan adalah nelayan. Kita tahu banyak masyarakat Indonesia bermata pencaharian sebagai nelayan. Apabila limbah nuklir dibuang ke lautan pasifik maka ekosistem laut akan terancam. Ini akan sangat berbahaya bagi masyarakat luas nantinya," ujarnya.

Dalam aksinya ini, massa mengenakan pakaian alat pelindung diri (APD) lengkap. Ada juga yang mengenakan kostum hewan laut seperti gurita dan ikan paus.

Mereka juga membawa spanduk dan poster-poster. Salah satu poster bertuliskan, 'Tolak 1,25 Juta Ton Limbah Nuklir Fukushima!'. "Bertepatan hari ini tanggal 8 Juni dengan Hari Laut Sedunia kawan-kawan. Ada beberapa persoalan yang membuat hari ini kami ada di sini, yaitu tentang kebijakan yang diambil oleh negara Jepang yang akan membuang limbah reaktor nuklir mereka di perairan laut pasifik," teriak salah seorang orator.

Dalam aksinya, mereka menyebut dampak pembuangan limbah pendingin reaktor nuklir Fukushima akan berdampak buruk bagi kehidupan ekosistem laut. Selain itu, nantinya ini bisa berdampak juga terhadap perairan laut Indonesia yang sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan.

"Untuk itu kami mengimbau kepada pemerintah Indonesia agar segera melakukan langkah konkret agar Jepang tidak jadi membuang limbahnya ke laut. Karena itu merupakan hal yang tidak bisa dipungkiri dapat merusak ekosistem di laut," ujarnya.

Sebelumnya, IANFU juga menggelar aksi yang sama di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Mereka mendesak KKP agar mengambil langkah-langkah perlindungan bagi nelayan Indonesia, termasuk ABK asal Indonesia yang bekerja di kapal-kapal penangkap ikan Jepang, Taiwan, Korea Selatan, dan lain-lain dari kemungkinan terpaparnya hasil tangkapan oleh limbah nuklir.

Diketahui, 8 Juni ini diperingati sebagai Hari Laut Sedunia. Peringatan ini dilakukan sebagai bentuk perhatian akan pentingnya menjaga ekosistem laut yang selama ini menjadi sumber daya utama yang dibutuhkan manusia.

Pemerintah Jepang diketahui berencana membuang sekitar 1,25 juta ton cairan pendingin (limbah) pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima ke laut. Akibatnya, Jepang mendapat kritik tajam dari berbagai pihak.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1888 seconds (0.1#10.140)