Kapolri Jamin Keamanan Pelaksanaan PON dan Peparnas 2021 di Papua

Kamis, 27 Mei 2021 - 19:17 WIB
loading...
Kapolri Jamin Keamanan Pelaksanaan PON dan Peparnas 2021 di Papua
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan telah menyiapkan strategi untuk menjamin keamanan di pelaksanaan PON ke-XX dan Peparnas XVI 2021 di Papua. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan telah menyiapkan strategi untuk menjamin keamanan di pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional ( PON ) ke-XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI 2021 di Papua.

Hal itu disampaikan saat Sigit melakukan kunjungan kerja ke Papua bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kamis (27/5/20121).

"Tujuan kunjungan saya dan Panglima ke Papua untuk melihat langsung situasi keamanan di Papua. Berdasarkan kalender Kamtibmas ada beberapa agenda penting yang dilaksanakan di Papua seperti PON ke-XX dan Peparnas XVI 2021 dan sebagainya yang membutuhkan situasi Kamtibmas yang aman dan nyaman," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Ketum KONI: Olimpiade Tokyo Bisa Jadi Patokan Penyelengaraan PON Papua

Menurut Kapolri, upaya menjamin keamanan di even olahraga tersebut salah satunya adalah dengan menggandeng Stakeholder, misalnya pemerintah provinsi, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat.
Selain itu, Sigit juga meminta jajaran aparat yang bertugas dan elemen masyarakat sama-sama mengawal proses pembangunan di Papua. Mengingat, pemerintah sedang fokus melakukan pembangunan di bidang infrastruktur, kesejahteraan masyarakat, pendidikan, kesehatan dan lainnya.

"Bapak presiden telah memberikan perhatian khusus kepada Papua agar melakukan percepatan pembangunan seperti daerah-daerah lainnya," ujar Sigit.

Dengan terwujudnya pembangunan yang digagas oleh Pemerintah, kata Kapolri, hal itu membuktikan bahwa perbaikan dilakukan merata di seluruh Indonesia. Mantan Kapolda Banten ini pun membeberkan beberapa pembangunan yang sudah dilakukan pemerintah yakni beberapa pembangunan jembatan, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) RI dan Papua Nugini, Bandara, Pelabuhan dan Pasar.

Sedangkan pembangunan infrastruktur lainnya yang akan dilanjutkan yakni Jalan Trans Papua yang menghubungkan Papua Barat dan Papua, membentang dari Sorong hingga Merauke dengan panjang 4.330,07 KM.

Baca juga: Wali Kota Jayapura Tolak PON Papua 2021, Menpora-KONI Buka Suara

Kemudian pembangunan Palapa Ring yang menjangkau 51 Kabupaten/Kota, Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG), Pembangkit Listrik Tenaga Air, Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro, pembangunan jalan perbatasan RI-Papua Nugini, Pembangunan Stadion Lukas Enembe dan lainnya.

Selain itu, upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk membangun SDM unggul Papua yakni dari segi ekonomi dilakukan pendampingan terhadap UMKM, pengembangan masyarakat berbasis desa, pembangunan bibit babi unggul melalui inseminasi buatan.

Dari segi pendidikan, pemerintah membangun rumah untuk guru, asrama untuk pelajar dan mahasiswa serta memberikan bantuan rehabilitasi infrastruktur sekolah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1429 seconds (0.1#10.140)