Kabar Soal Jumlah Jamaah Haji 2021, Dubes RI untuk Arab Saudi: Tunggu Kabar Resmi dari Pemerintah Arab Saudi

Minggu, 23 Mei 2021 - 22:57 WIB
loading...
Kabar Soal Jumlah Jamaah Haji 2021, Dubes RI untuk Arab Saudi: Tunggu Kabar Resmi dari Pemerintah Arab Saudi
Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel meminta umat Islam di Indonesia untuk menunggu kabar resmi dari Pemerintah Arab Saudi terkait jumlah jamaah haji 2021.Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel meminta umat Islam Indonesia untuk menunggu pengumuman resmi dari Pemerintah Arab Saudi terkait kabar telah ditetapkannya jumlah jamaah haji 1442 H/ 2021 M sebanyak 60.000 orang.

Agus mengatakan, saat ini telah beredar diberbagai media massa nasional di Indonesia bahwa Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan jumlah jamaah haji 1442 H/ 2021 M akan berjumlah 60.000 orang saja. Media-media tersebut menyatakan bahwa sumber informasi tersebut adalah Surat Edaran Kemenkes Arab Saudi terkait protokol ibadah haji 1442H yang dikutip dari media Arab Saudi.

"Menanggapi hal ini dapat kami sampaikan KBRI telah memperoleh salinan dokumen dengan ekstensi PDF edaran dengan kop Kemenkes Arab Saudi berjumlah 10 halaman dimaksud dan mengkonfirmasikannya ke Kementerian Kesehatan Kerajaan Arab Saudi. KBRI mendapat jawaban bahwa dokumen tersebut adalah “ghair mu’tamadah” yakni, bukan dokumen resmi yang sah dan dapat dijadikan pegangan," kata Agus saat dihubungi SINDOnews, Minggu (23/5/2021).

Pantauan KBRI terhadap media-media nasional mainstream di Arab Saudi dan akun-akun medsosnya hingga pukul 14.30 tanggal 23 Mei 2021 tidak didapati satu pun yang memberitakannya. Baca: Kuota Haji Tahun Ini Hanya Dijatah 60.000 Jamaah dari Seluruh Dunia

"Dengan demikian kami mengajak umat Islam dan publik di Indonesia untuk menunggu pengumuman resmi dari Pemerintah Arab Saudi. Kita memahami bahwa Pemerintah Arab Saudi sedang dan terus mempersiapkan skenario terbaik pelaksanaan ibadah haji tahun ini dengan mempertimbangkan segala aspek dan mengutamakan kekhusyuan dan kelancaran beribadah serta keselamatan jiwa Jemaah," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Kerajaan Arab Saudi tahun ini hanya mengizinkan 60.000 jemaah haji. Sebanyak 45.000 berasal dari luar Arab Saudi dan 15.000 merupakan warga Arab Saudi. Informasi tersebut didapat dari akun Twitter @HaramainInfo. Selain itu, Otoritas Arab Saudi juga memberikan beberapa persyaratan bagi para calon jamaah haji.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2485 seconds (0.1#10.140)