Aktivitas Gempa di Selatan Jawa Meningkat, BMKG Minta Masyarakat Waspada

Sabtu, 22 Mei 2021 - 00:10 WIB
loading...
Aktivitas Gempa di Selatan Jawa Meningkat, BMKG Minta Masyarakat Waspada
Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati meminta agar masyarakat yang berada Selatan Jawa waspada terhadap peningkatan aktivitas kegempaan selama 2021. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta agar masyarakat yang berada Selatan Jawa waspada terhadap peningkatan aktivitas kegempaan selama 2021. Khususnya, pemerintah daerah dan masyarakat yang berada di wilayah pesisir.

"Dari data BMKG tahun ini yang baru memasuki bulan kelima, dibandingkan tahun lalu, memang terjadi peningkatan signifikan. Signifikan jumlah kejadian gempa bumi," ungkap Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati saat konferensi pers gempa magnitudo 5,9 di Blitar, Jawa Timur melalui YouTube BMKG, Jumat, (21/5/2021). (Baca juga; Kerusakan Gempa Blitar Meluas, Ini Penampakan Kondisi Tujuh Kecamatan )

Menurut Dwikorita, peningkatan aktivitas kegempaan di Selatan Jawa tersebut harus dibuka ke publik agar menjadi kewaspadaan tersendiri. Terutama, kepada jajaran pemerintah daerah untuk mengantisipasi adanya potensi bencana akibat peningkatan kegempaan tersebut.

"Kami mohon dengan info ini, pertama Pemda yang berada di sepanjang pesisir Jawa ataupun provinsi yang memiliki pesisir selatan jawa, perlu mewaspadai adanya peningkatan aktivitas kegempaan yang signifikan dalam beberapa bulan terakhir di tahun 2021 ini," tuturnya. (Baca juga; Gempa Blitar, PLN Pastikan Tidak Ada Gangguan Sistem Kelistrikan )

Hal senada juga disampaikan Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno. Dia menjelaskan, sepanjang 2021 aktivitas gempa di Selatan Jawa meningkat dibanding tahun sebelumnya.

"Untuk Selatan Jawa, ini cukup banyak sekali aktivitas kegempaan. Di Selatan Jawa Timur juga banyak peningkatan aktivitas terlihat dari beberapa titik-titik," beber Bambang Setiyo saat konferensi pers virtual bersama Dwikorita.

"Belum sampai lima bulan terjadi aktivitas kegempaan seperti ini. Artinya ini memang aktivitasnya cukup tinggi. Jadi memang gempanya bervariasi, ada 2, berapa sampai magnitudo 6," tambahnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)