Sandiaga Dorong Kolaborasi Kementerian/Lembaga Kembangkan Destinasi Wisata

Kamis, 20 Mei 2021 - 14:59 WIB
loading...
Sandiaga Dorong Kolaborasi Kementerian/Lembaga Kembangkan Destinasi Wisata
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mendorong kolaborasi antar Kementerian/Lembaga untuk mengembangkan destinasi pariwisata Danau Maninjau, Sumatera Barat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong kolaborasi antar Kementerian/Lembaga untuk mengembangkan destinasi pariwisata Danau Maninjau yang terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.



Hal itu disampaikan Sandiaga saat melakukan rapat koordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) membahas pengembangan destinasi pariwisata Danau Maninjau.

Berdasarkan hasil kunjungan kerja ke Provinsi Sumatera Barat, beberapa waktu lalu, Sandiaga mengatakan urgensi revitalisasi fisik Danau Maninjau dari ancaman degradasi lingkungan. Upaya ini dilakukan agar status Geopark Nasional Ngarai Sianok-Maninjau tetap eksis.

Baca juga: Sandiaga Uno Kenang Sosok Wimar Witoelar sebagai Mentor dengan Jejaring Internasional

"Saya mengusulkan agar revitalisasi fisik Danau Maninjau oleh kementerian dan lembaga terkait perlu diprioritaskan. Degradasi lingkungan Danau Maninjau dapat berdampak negatif terhadap eksistensi status Geopark Nasional Ngarai Sianok-Maninjau," kata Sandiaga dalam keterangan resminya, Kamis (20/5/2021).

Sandiaga berharap melalui revitalisasi fisik, kekuatan produk wisata Danau Maninjau yang berupa keindahan alam Minang dapat terus terjaga dan lestari. Sejalan dengan itu, Kemenparekraf juga akan meningkatkan keterampilan masyarakat agar mampu mengelola destinasi wisata tersebut.

"Kekuatan produk wisata Danau Maninjau berupa alam dan keunikan budaya khas Minang harus terus kita angkat. Program peningkatan keterampilan akan dihadirkan untuk masyarakatnya agar mampu mengoptimalkan segala potensi untuk membuka lapangan kerja dan terciptanya ekonomi yang berkeadilan," ucap Sandiaga.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)