Perkuat Persatuan, NU Circle Segera Gelar Sandev Kebangsaan

loading...
Perkuat Persatuan, NU Circle Segera Gelar Sandev Kebangsaan
Masyarakat Profesional Santri (NU Circle) segera menggelar kegiatan pelatihan Santri Developer (Sandev). Tahun ini, Sandev mengambil tema Sandev Kebangsaan. Foto/Istimewa
JAKARTA - Masyarakat Profesional Santri (NU Circle) segera menggelar kegiatan pelatihan Santri Developer (Sandev). Tahun ini, Sandev mengambil tema Sandev Kebangsaan. Bersama Bank Tabungan Negara (BTN),Sandev Kebangsaan akan dihelat 5-10 Juni 2021 mendatang di Ponpes Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur.

Baca juga: Jokowi Sebut Selamat Ulang Tahun Nahdlatul Ulama

"Sandev Kebangsaan ini dipilih sebagai momentum kebangkitan bangsa Indonesia untuk memperkuat kebhinekaan dan toleransi. Segenap elemen bangsa Indonesia memiliki kontribusi terhadap bangsa ini. Saatnya kita membangun bangsa ini bersama-sama. Saatnya membangun ukhuwah wathoniyah," tegas Ketua Umum NU Circle R Gatot Prio Utomo, di Jakarta, Sabtu (15/5/2021).

Menurutnya, NU Circle mempersembahkan Program Santri Developer sebagai upaya memaknai pentingnya membangun bangsa ini. Program ini akan diikuti para santri dan pemuda muslim dan para pemuda-pemudi wakil dari berbagai agama di Indonesia. Mereka akan digembleng oleh para ahli property dan konstruksi di Ponpes Tebu Ireng siang malam agar bisa menjadi developer-developer hebat di masa depan.



Baca juga: Nahdlatul Ulama Inggris Raya Kecam Kekerasan di Yerusalem

"Mereka akan diasramakan dan dibiayai pendidikannya agar bisa mengikuti pelatihan selama sepekan secara intens dan fokus. Saya berharap para santri dan para pemuda dari beragam agama ini selain memperoleh ilmu tentang konstruksi dan property juga akan menjalin persaudaraan sebangsa dan setanah air," tuturnya.

Targetnya, mereka akan menjadi developer yang bisa menggerakkan ekonomi di daerahnya masing-masing di bidang property. "Dengan akses pendanaan yang telah disiapkan oleh BTN, para alumni Sandev Kebangsaan akan menjadi developer-developer muda yang progresif dan inovatif," ucapnya.

BTN berkomitmen membantu setiap pengembang untuk bisa mengakses permodalan di bidang perumahan ini. Kredit perumahan disiapkan sebagai upaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi. Komitmen ini akan terus dikembangkan ke sejumlah daerah, tak hanya di Jawa Timur.

"NU Circle dan BTN juga akan melakukan kegiatan yang sama di Lampung. Kami dalam waktu dekat akan bersilaturahim dengan Wakil Gubernur Lampung. Beliau sudah siap menerima kedatangan kami untuk memulai pembahasan. Semoga Sandev di Jawa Timur dan di Lampung akan bisa menggerakkan ekonomi daerah mengingat komoditi turunan di bidang property ini sangat banyak, sehingga semuanya hidup dan bergerak," katanya.

Rencananya, pelatihan ini akan dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. Seperti Sandev tahun 2020 lalu, Wapres juga memberi sambutan melalui video yang telah disiapkan sekretariat wakil presiden. Tahun lalu, Sandev diselenggarakan di Gedung DPR MPR dan didukung sepenuhnya oleh Wakil Ketua MPR Arsul Sani.



Usai pelatihan direncanakan akan lahir sebuah asosiasi developer baru agar para alumni Sandev tetap bisa berkomunikasi dan berjejaring dengan para pengembang di seluruh Indonesia.
(maf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top