Kesehatan Jadi Pilar Pemulihan Nasional, Gagasan Arsjad Rasjid Diapresiasi

loading...
Kesehatan Jadi Pilar Pemulihan Nasional, Gagasan Arsjad Rasjid Diapresiasi
calon Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid. Foto/Istimewa
JAKARTA - Kalangan pengusaha daerah mendukung visi calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid memulihkan sektor kesehatan, sebagai pilar utama menumbuhkan kondisi di daerah dan nasional yang terpuruk akibat pandemi virus Corona (Covid-19).

Baca juga: Bertemu Pengurus Kadin Sultra, Arsjad Rasjid Tawarkan 4 Pilar Kebangkitan Ekonomi Indonesia

Ketua Umum Kadin Provinsi Kalimantan Timur, Dayang Donna Farouk mengatakan pihaknya siap berjuang bersama Arsjad memulihkan sektor kesehatan, menumbuhkan perekonomian daerah dan nasional yang terimbas pandemi.

"Kadin sebagai mitra pemerintah harus mampu mengakselerasi program kesehatan, termasuk distribusi vaksin Covid-19, mendorong implementasi Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK menjadi sentra pertumbuhan baru, serta mengakselerasi ekosistem berbasiskan data dan teknologi digital," kata Dayang Farouk melalui keterangan tertulis, Jumat (14/5/2021).



Baca juga: Pengusaha Dukung Caketum Kadin Arsjad Rasjid Bikin UMKM Lebih Berkembang

Dayang Farouk mengatakan, pihaknya sependapat dengan Arsjad bahwa pemulihan kesehatan menjadi faktor paling penting untuk pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. "Pendapat yang realistis ini sejalan dengan kebijakan pemerintah. Saya yakin Pak Arsjad sangat memahami kondisi di lapangan," ucap Dayang.

Ia mengatakan, Kadin sebagai organisasi pengusaha yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri, wajib memberikan masukan berharga kepada pemerintah untuk memajukan ekonomi nasional.

Kadin, lanjutnya, sebagai mitra pemerintah di bidang ekonomi juga harus memiliki visi yang kuat untuk mengangkat perekonomian daerah dan nasional dari jurang keterpurukan yang disebabkan pandemi Corona.

"Kemitraan Kadin dan pemerintah sangat penting untuk memperkuat peran swasta dan kesejahteraan rakyat. Komitmen itu kami temukan pada Arsjad," jelas dia.

Arsjad Rasjid punya empat pilar dalam upaya memulihkan ekonomi nasional jika dipercaya memimpin Kadin. Pilar pertama yaitu kesehatan. Menurutnya, Kadin harus mendorong seluruh asosiasi dari lintas sektor untuk lebih mengutamakan kesehatan. Pasalnya, kesehatan adalah tulang punggung perekonomian Indonesia.



Pilar kedua yaitu pengembangan ekonomi nasional dan daerah. Arsjad Rasjid ingin memastikan setiap pelaku usaha memiliki kesempatan dengan akses yang sama untuk memulai bisnis dan berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi.

Kemudian pilar ketiga, pengembangan kewirausahaan dan kompetisi. Menurut dia, pelaku usaha harus melakukan akselerasi usaha berbasiskan data dan ekonomi digital.

Hal itu bertujuan untuk menjawab tantangan digitalisasi yang hadir secara cepat di Indonesia. Selanjutnya pilar keempat, mengembalikan amanat fungsi Kadin yaitu menjalankan fungsinya sebagai wadah komunikasi antara pengusaha dan pemerintah.
(maf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top