Disinggung soal Teroris hingga ISIS, Habib Rizieq: Itu Tak Benar!

Senin, 03 Mei 2021 - 19:06 WIB
loading...
Disinggung soal Teroris hingga ISIS, Habib Rizieq: Itu Tak Benar!
Habib Rizieq Shihab. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Habib Rizieq Shihab membantah tudingan yang menyebut Front Pembela Islam (FPI) terkait dengan kelompok teroris hingga ISIS. Hal itu ditegaskan eks Imam Besar FPI itu di hadapan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur.

"Itu tidak benar," kata Habib Rizieq dalam persidangan lanjutan, Senin (3/5/2021).

Awalnya Ketua Majelis Hakim Suparman Nyompa menyinggung apakah FPI organisasi yang berniat mengganti Pancasila seperti yang dilakukan oleh teroris. Rizeq tidak membenarkan hal itu serta membantahnya dengan tegas.

Baca juga: Kerumunan di Bandara Soetta Tak Diproses, Habib Rizieq: Terima Kasih Mahfud MD

"Kami FPI tidak pernah punya masalah dengan Pancasila, bahkan kami tidak setuju kalau Pancasila diganti. Sebab, Pancasila merupakan peninggalan ulama," katanya.

Lebih lanjut, Habib Rizieq menerangkan bahwa bagi FPI, Pancasila bukan sekedar pilar, tapi juga fondasi atau dasar. Ia pun tak sependapat dengan kelompok teroris yang ingin mengganti Pancasila.

"Kami tegaskan bahwasannya kami tidak pernah ada masalah dengan Pancasila. Maka, dengan kelompok yang disebutkan Pak Hakim mengenai adanya kelompok terduga teroris menolak Pancasila, kami tidak sependapat atas hal itu," katanya.

Baca juga: Begini Percakapan Habib Rizieq Shihab dengan Munarman saat Tiba di Indonesia

Suparman pun merespons tanggapan Habib Rizieq dengan memberondong pertanyaan lagi. Kali ini, Suparman menanyakan apakah Habib Rizieq mengenali Pemimpin ISIS Abu Bakar Al Baghdadi.

Rizieq membantah dengan bijak tidak mengenali pemimpin ISIS tersebut. "Saya tidak kenal, saya hanya tahu dari media," katanya.

Sebelumnya, sidang lanjutan kasus kerumunan Petamburan dan Megamendung menghadirkan dua saksi fakta yaitu Ketua Barisan Kesatria Nusantara, Zainal Arifin. Selain itu, ada pula eks Ketua Hilal Merah Indonesia (Himi) FPI, Ali Hamid.

Sementara itu, terdakwa Rizieq Shihab dihadirkan sebagai saksi. Turut serta lima eks petinggi FPI selaku saksi dan terdakwa kerumunan Petamburan.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1891 seconds (0.1#10.140)