Usulan AHY Soal Perhatian Penuh pada Keluarga Awak KRI Nanggala 402 Diapresiasi

Selasa, 27 April 2021 - 16:14 WIB
loading...
Usulan AHY Soal Perhatian Penuh pada Keluarga Awak KRI Nanggala 402 Diapresiasi
Usulan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) agar pemerintah memberikan perhatian penuh pada para keluarga awak KRI Nanggala 402 yang gugur mendapat apresiasi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Para pengamat dari Aceh, Jakarta hingga Surabaya mengapresiasi usulan Partai Demokra t agar Pemerintah memberikan perhatian penuh pada para keluarga awak KRI Nanggala 402 yang gugur di medan tugas. Mereka menegaskan meskipun pemerintah sudah punya prosedur tetap bagi keluarga prajurit yang ditinggalkan tapi ini kejadian luar biasa yang tidak boleh disikapi dengan biasa saja.

Dosen FISIP Unsyiah Banda Aceh, Aryos Nivada menggarisbawahi gugurnya Letkol (P) Irfan Suri asal Samalanga, Bireun. "Ini merupakan wujud kesetiaan dan pengorbanan masyarakat Aceh demi keutuhan NKRI," ujar Aryos, yang juga Peneliti Senior Jaringan Survei Inisiatif, Aceh dalam keterangannya, Selasa (27/4/2021).

Aryos mengapresiasi pemerintah yang sudah mewujudkan satu dari tiga usulan Partai Demokrat sebagai bentuk perhatian penuh pemerintah pada para keluarga awak kapal selam yang tenggelam itu. Tiga usulan tersebut adalah keluarga tetap menerima gaji utuh, beasiswa bagi anak-anak mereka serta fasilitas perumahan, sebagaimana dinyatakan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beberapa waktu lalu.

Dari tiga usulan tersebut, pemerintah melalui Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sudah setuju untuk memberi beasiswa penuh bagi anak-anak para awak KRI Nanggala 402.

Harapan yang sama dinyatakan Pengamat Mochtar W Oetomo dari Surabaya. "47 dari 53 awak yang gugur berasal Jawa Timur. Arek-arek ini patriot bangsa yang sejati. Kejadian yang luar biasa. Sudah sepatutnya negara memperlakukan mereka dengan luar biasa. Jangan cukup mengikuti protap yang berlaku saja," ujar Mochtar yang juga mengelola lembaga survei Surabaya Survey Center (SSC).

"Jadi prajurit itu kontrak mati. Setiap prajurit tahu itu. Keluarganya pasti juga tahu. Tapi ketika akhirnya mereka gugur dalam tugas, peran mereka dalam keluarga masing-masing tetap tidak tergantikan. Karena itu setidak-tidaknya negara bisa meringankan beban keluarga yang ditinggalkan. Tiga hal yang diusulkan Demokrat, sudah pas," sambung Mochtar.

Di Jakarta, Pengamat Politik Adi Prayitno mengingatkan pemerintah agar tidak memandang usulan Demokrat dengan kacamata politik semata. "Lihatlah dari sisi kemanusiaan. Indonesia sedang berkabung nasional, kehilangan patriot terbaik. Peran para awak yang gugur sebagai Ayah, suami maupun anak dari keluarga yang mereka tinggalkan, tidak akan pernah tergantikan selamanya," pinta Adi.

Adi yang juga Dosen UIN Ciputat menganggap tiga usulan yang disampaikan Ketua Umum AHY relevan dengan kondisi yang dihadapi para keluarga prajurit. Baca juga: Duka KRI Nanggala-402: Gugur Tenggelam di Lautan adalah Syahid

"Mas AHY berdinas militer selama 16 tahun sebagai komandan. Ia mestinya tahu betapa berharganya setiap nyawa prajurit dan di balik setiap nyawa prajurit itu, ada keluarga yang menggantungkan hidupnya. Bayangkan saat kepala keluarga mereka gugur dalam tugas. Ini soal kemanusiaan," tandas Adi.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1287 seconds (0.1#10.140)