Hari Kartini, Puan Ungkap Sejumlah Kisah Inspiratif Perempuan

loading...
Hari Kartini, Puan Ungkap Sejumlah Kisah Inspiratif Perempuan
Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bidang Politik dan Keamanan, Puan Maharani, mengajak generasi muda mengambil inspirasi dari Kartini. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bidang Politik dan Keamanan, Puan Maharani, mengajak generasi muda Indonesia untuk mengambil inspirasi dari Kartini dan memakainya untuk membangun cerita hidup baru versi masa kini.

Sehingga inspirasi di masa kini akan mampu menjadi bekal untuk anak bangsa masa mendatang. Baca juga: Hari Kartini, Liliana Tanoesoedibjo: Perempuan Indonesia Berperan Penting Didik Penerus Bangsa

Menurut Puan, kisah Kartini dan para pahlawan di masa lalu, telah menginspirasi orang Indonesia yang hidup di masa kini.

Maka generasi Indonesia yang hidup di masa kini pun sebaiknya membuat kisah hidup yang menginspirasi generasi masa depan Indonesia.

"Maka sekarang saatnya kalian dan kita semua membuat cerita-cerita baru yang akan menginspirasi generasi masa depan untuk menghadirkan kemajuan Indonesia," kata Puan Maharani dalam Talk Show memperingati Hari Kartini dengan tema: "Perspektif Generasi Milenial Tentang Kartini", Rabu (21/4/2021).



Baca juga: Spesial Hari Kartini, Petugas SPBU Sulsel dan Sultra Pakai Baju Adat

Puan lalu menyampaikan pemaknaannya soal Kartini dan cerita hidupnya. Satu hal bagi Puan, bahwa mengikuti kisah Kartini adalah juga mengikuti kisah sejarah perempuan dalam kemerdekaan Indonesia.

"Kisah Raden Ajeng Kartini menunjukkan bahwa dalam history atau sejarah Indonesia, banyak terdapat Her-Story atau cerita perempuan," kata Puan.

Melalui Kartini, rakyat Indonesia masa kini bisa merasakan cerita kegigihan banyak perempuan Indonesia yang berjuang untuk Indonesia. Bahwa banyak perempuan Indonesia yang menjadi teladan pendidikan dan perjuangan hak-hak perempuan.

Semangat yang sama bisa dirasakan lewat para atlet perempuan Indonesia yang mengibarkan bendera Merah Putih di pentas olahraga internasional.



"Sama dengan cerita membanggakan prajurit perempuan Indonesia yang menjadi anggota Kontingen Garuda dan ikut dalam berbagai misi perdamaian PBB," ulas Puan.

"Cerita-cerita perempuan-perempuan hebat Indonesia itu telah menjadi sumber inspirasi dan energi bangsa kita selama ini dan menjadi pengingat tentang nilai-nilai kebangsaan yang perlu selalu kita pegang untuk melangkah ke depan," tambahnya.

Menurut Ketua DPR itu, apa yang Kartini lakukan di masa hidupnya adalah pembangunan manusia. Kartini secara sadar mendorong adanya pendidikan bagi perempuan dan membuka pemikiran banyak orang.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top