DPR Sarankan Pemerintah Tutup Tempat Wisata Selama Libur Lebaran

Rabu, 21 April 2021 - 09:23 WIB
loading...
DPR Sarankan Pemerintah Tutup Tempat Wisata Selama Libur Lebaran
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin menyarankan pemerintah menutup tempat wisata selama libur Lebaran. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPR Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Azis Syamsuddin meminta pemerintah pusat, pemda dan aparat keamanan, baik Polri maupun TNI, berkomitmen menjalankan kebijakan larangan mudik yang diatur dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 No 13 tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 H selama 6-17 Mei 2021.

"Pemerintah untuk segera menerbitkan aturan teknis terkait pelarangan mudik Idul Fitri tahun 2021, sehingga Pemda dan aparat keamanan dapat segera mengatur rencana untuk penyekatan pemudik," kata Azis kepada wartawan di Jakarta, Rabu (21/4/2021).

Politikus Partai Golkar ini mendorong Pemda berkoordinasi dengan aparat keamanan dalam menyiapkan strategi untuk memperketat pembatasan jalur yang dilewati untuk mudik, serta mengawasi secara ketat titik-titik yang berpotensi menjadi tempat kumpul masyarakat guna mencegah adanya kerumunan massa.

Baca juga: Doni Monardo Beberkan Tingginya Risiko Penularan COVID-19 di Jalan Mudik

Untuk itu, Azis menyarankan agar pemerintah sebaiknya menutup tempat-tempat wisata, karena berpotensi menjadi tempat kerumunan warga yang menghabiskan waktu libur Lebaran.

"Pemerintah untuk mempertimbangkan penutupan tempat wisata selama libur Lebaran, sebagai upaya membatasi tempat yang menjadi kerumunan masyarakat, mengingat tempat wisata akan menjadi salah satu target masyarakat untuk menghabiskan waktu selama libur Lebaran," kata mantan Ketua Komisi III DPR ini.

Azis mengimbau masyarakat agar memanfaatkan libur Idul Fitri dengan berkegiatan di rumah saja dan memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi dengan keluarga, sebagai upaya mencegah dan memutus rantai penularan COVID-19.

Baca juga: Respons Satgas Terkait Objek Wisata Tetap Dibuka Saat Lebaran

"Mari saling jaga orang yang kita sayangi dan cintai dari penyebaran COVID-19, agar perayaan Idul Fitri tidak menjadi klaster baru penyebaran COVID-19," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3819 seconds (0.1#10.140)