Dankodiklatad Tinjau Lokasi Latma Pertempuran Kota dengan Tentara Amerika Serikat

Senin, 19 April 2021 - 15:57 WIB
loading...
Dankodiklatad Tinjau Lokasi Latma Pertempuran Kota dengan Tentara Amerika Serikat
Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putranto meninjau lokasi medan lokasi penerjunan pasukan dan daerah latihan pertempuran kota di Rahlat Puslatpur Baturaja Sumatera Selatan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Komandan Komando Pembina Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklatad) Letjen TNI AM. Putranto meninjau lokasi medan lokasi penerjunan pasukan dan daerah latihan pertempuran kota (Purkota) di Rahlat Puslatpur Baturaja Sumatera Selatan, Minggu, 18 April 2021.

Peninjauan itu dalam rangka perencanaan latihan bersama (Latma) Garuda Shield 15/2021 yang akan melibatkan Angkatan Darat Amerika Serikat. Selain meninjau lokasi penerjunan pasukan dan Purkota, Dankodiklatad secara langsung meninjau daerah yang akan digunakan sebagai titik kumpul Batalion. Berdasarkan pertimbangan teknis, taktis dan aspek-aspek pendukung yang dibutuhkan pasukan saat melaksanakan konsolidasi pascapenerjunan sebelum melanjutkan gerakan.

Bersama dengan rombongan, Putranto turut meninjau rute yang akan digunakan sebagai poros gerakan dalam rangka gerak maju menuju daerah pertempuran di perkotaan. Adapun peninjauan dilakukan menggunakan sua metode, yakni menilai dari peta dan membandingkan langsung di lapangan. Peninjauan melalui peta bertujuan untuk melihat daerah secara global dihadapkan dengan keadaan seluruh daerah yang akan digunakan. Sedangkan, peninjauan langsung di medan bertujuan untuk memastikan keadaan yang sebenarnya di lapangan. Kegiatan tersebut juga melibatkan perwakilan warga untuk mengetahui lokasi lahan bercocok tanam yang digunakan oleh masyarakat sekitar Rahlat Puslatpur. Hal bertujuan agar memininalisir dampak kerusakan lahan yang diakibatkan pergerakan pasukan selama latihan. Peninjauan juga penggunaan teknologi pesawat nirawak atau drone. Sehingga dapat dilihat dari berbagai sudut pandang yang membantu dalam pengambilan keputusan.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2772 seconds (0.1#10.140)