Satgas: WNA India Paling Banyak Terdeteksi Covid-19, tapi Bawa Dokumen Negatif

loading...
Satgas: WNA India Paling Banyak Terdeteksi Covid-19, tapi Bawa Dokumen Negatif
Petugas memeriksa suhu penumpang kereta di stasiun Mumbai, India. Foto/REUTERS
JAKARTA - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat sebanyak 241 orang warga negara asing (WNA) masuk ke Indonesia selama Desember 2020 hingga April 2021.

Mereka membawa dokumen negatif Covid-19, ternyata setelah dilakukan pengetesan ulang setelah sampai di Indonesia banyak di antaranya positif Covid-19.

Adapun WNA yang paling banyak terdeteksi positif Covid-19 namun membawa dokumen negatif Covid-19 adalah dari India. Dari total WNA yang masuk ke Indonesia, dari India 30 orang, Uni Emirat Arab 26 orang, Qatar 23 orang, Jepang 21 orang, dan Turki 16 orang.

“Kita sudah lihat bahwa mereka yang datang membawa dokumen negatif Covid-19. Namun kenyataannya setelah diperiksa swab pertama positif Covid,” ungkap Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo dalam rapat koordinasi secara virtual, Senin (19/4/2021).

Doni mengatakan, mereka yang terdeteksi positif Covid-19 kemudian dilakukan isolasi untuk perawatan. “Kemudian dipisahkan, yang negatif itu melakukan karantina yang positif Covid itu melakukan isolasi untuk perawatan,” katanya.Baca juga: Kasus Penistaan Agama, PPP Desak Cabut Paspor Pria yang Ngaku Nabi ke-26



Dia juga meminta agar pembatasan pintu-pintu masuk kedatangan bekerja secara maksimal. “Kerja keras kita akan sia-sia ketika bapak-ibu yang ada di pintu masuk pintu masuk kedatangan tidak bekerja secara maksimal,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Doni meminta kepada para pekerja migran agar betul-betul memperhatikan ketentuan karantina selama lima hari. “Kepada seluruh daerah yang menjadi tempat kedatangan para pekerja migran dan juga kedatangan warga negara asing agar betul-betul memperhatikan ketentuan karantina selama 5 hari ya,” katanya.
Baca juga: Lama Tak Ada Kabar, Abu Janda Unggah Foto Bersama Istri Jerinx
(dam)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top