Antisipasi Bencana, BNPB Imbau Aktifkan Kembali Siskamling

Kamis, 08 April 2021 - 10:07 WIB
loading...
Antisipasi Bencana, BNPB Imbau Aktifkan Kembali Siskamling
Kepala BNPB, Doni Monardo meminta daerah rawan bencana untuk bisa menggerakkan kegiatan masyarakat seperti Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo meminta daerah rawan bencana untuk menggerakkan kegiatan masyarakat seperti Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling).



Doni juga menceritakan, ada peristiwa menarik di Alor di mana Ketua RT pada dini hari sebelum terjadinya banjir bandang telah memberitahukan warga agar mengungsi di tempat yang tinggi.

"Adalah menarik di salah satu tempat di Alor, di mana ketua RT nya pada dini hari sekitar pukul 3.00, itu membangunkan warga untuk segera melakukan evakuasi ke tempat yang lebih tinggi. Ketika sekitar jam 5 dini hari terjadi banjir bandang mereka semua berada di tempat yang lebih tinggi. Sehingga selamat tidak ada korban jiwa," tuturnya.

Pelajaran ini kata Doni, tentunya harus dijadikan referensi bagi seluruh pimpinan yang ada di daerah sampai dengan tingkat RT dan RW. "Termasuk juga tentunya mewaspadai pohon-pohon yang relatif gampang atau mudah, mudah patah untuk mengurangi risiko," katanya.

Doni mengatakan hal-hal teknis ini harus sering diingatkan. "Biasanya kalau seandainya satu kali dua kali mungkin sering lupa. Tetapi kalau sering disampaikan secara terus menerus dan berulang kali ini akan menjadi budaya, akan menjadi kebiasaan," jelasnya.

"Apalagi kita semua tahu bahwa peristiwa itu kemungkinan bisa terjadi pada periode tahun-tahun yang akan datang. Bukannya di NTT tetapi di banyak wilayah Indonesia lainnya," paparnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)