JK: Mulai Bulan Depan Vaksinasi akan Diadakan di Masjid

Selasa, 23 Maret 2021 - 16:14 WIB
loading...
JK: Mulai Bulan Depan Vaksinasi akan Diadakan di Masjid
Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) saat berpidato pada acara Pelantikan dan Rakernas DMI Provinsi Nusa Tenggara Barat di Hotel Grand Legi, Mataram, NTB, Selasa (23/3/2021). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) menyatakan mulai bulan depan masjid dapat menjadi tempat vaksinasi Covid-19 bagi warga RT/RW sekitar lingkungan masjid. Keputusan tersebut berdasarkan kesepakatan DMI dengan kementerian kesehatan baru-baru ini.

Menurut JK, masjid yang dapat digunakan sebagai tempat vaksinasi Covid-19 adalah masjid yang memiliki sarana penunjang seperti halaman dan bangunan yang luas, serta fasilitas pendukung lainnya.

“Dua malam lalu saya baru melaksanakan persetujuan dengan Menteri Kesehatan bahwa mulai bulan depan vaksin akan diadakan di masjid. Di masjid yang besar dan mempunyai fasilitas dan perlengkapan yang baik, seperti aula, selasar, halaman yang luas dan ruangan yang bisa dipakai untuk vaksin," kata JK saat berpidato pada acara Pelantikan dan Rakernas DMI Provinsi Nusa Tenggara Barat di Hotel Grand Legi, Mataram, NTB, Selasa (23/3/2021). Baca juga: ITB Gelar Vaksinasi Covid-19 kepada 3.422 Dosen dan Tenaga Kependidikan

Menurut dia, butuh ribuan tempat yang mudah dijangkau oleh masyarakat dan memiliki sarana penunjang pelaksanaan vaksinasi, dan masjid memenuhi syarat untuk itu.

“Kita butuh gerak cepat menggalang kekebalan agar kita bisa kembali hidup normal, tidak perlu lagi memakai masker terus menerus," tuturnya.

Dia menegaskan kondisi itu bisa terjadi kalau ada imunitas pada masyarakat dan yang hanya bisa tercapai kalau program vaksinasi 1 juta orang per hari tercapai. Dibutuhkan ribuan tempat untuk menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi. "Salah satu tempat yang paling strategis adalah masjid, karena masjid itu mempunya fasilitas pendukung pelaksanaan vaksin," tuturnya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)