Datangi Tokoh-tokoh Senior, AHY Ingin 'Kunci' Manuver Moeldoko dkk?

Senin, 15 Maret 2021 - 11:14 WIB
loading...
Datangi Tokoh-tokoh Senior, AHY Ingin Kunci Manuver Moeldoko dkk?
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menemui manta Wapres Jusuf Kalla, Minggu 14 Maret 2021. Foto/tangkapan layar Instagram AHY
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah menemui sejumlah tokoh. Langkah itu dilakukan AHY pasca adanya Kongres Luar Biasa (KLB) yang memilih Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Jenderal TNI Purnawirawan Moeldoko sebagai ketua umum Partai Demokrat.

Adapun tokoh-tokoh yang ditemui AHY di antaranya para pendiri Partai Demokrat dan keluarga. Mereka adalah Subur Budhisantoso, Wayan Sugiana, Umar Said, Vera Febyanthi, Ifan Pioh, dan Steven Rumangkang.

Kemudian, AHY juga sowan ke mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) sekaligus Mantan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie, dan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

AHY juga sudah sowan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah, aktivitas konsolidatif AHY layak diapresiasi. "Bukan soal mengiba mencari dukungannya, tetapi lebih pada soal bangunan relasi yang ia jalankan kepada tokoh senior, dan itu baik secara politik karena tokoh senior yang ia kunjungi punya pengaruh dan basis massa sendiri," ujar Dedi Kurnia Syah kepada SINDOnews, Senin (15/3/2021).

Dedi menilai bukan tidak mungkin, walaupun berbeda parpol, AHY berpeluang mendapat simpati tokoh-tokoh tersebut. "Itu bisa meneguhkan ketokohan AHY sendiri sebagai politisi yang tidak lagi baru dan canggung dalam hadapi persoalan dengan Moeldoko," katanya.

Di luar itu, Dedi berpendapat sowan AHY ke sejumlah tokoh diperlukan dalam rangka menghadapi tahun politik. "Bahkan tanpa ada konflik sekalipun tetap saja ia perlu, dan saat ini AHY setidaknya jauh lebih cepat melangkah dibanding parpol lain," tuturnya.

(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)